Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir melantik Kepala Desa Terpilih Pengganti Antarwaktu Desa Wanajaya Kecamatan Surian sisa masa jabatan 2018-2024, di halaman Desa Wanajaya (3/1/2020).
 
Erwan Riswanto, S.E terpilih menjadi Kepala Desa Wanajaya yang sebelumnya dijabat oleh Suherman, SPd yang menggundurkan diri.
 
Bupati dalam sambutannya seusai pelantikan memberikan selamat kepada kepala desa terpilih.
 
"Selamat. Mudah- mudahan Allah memberikan kesehatan, kekuatan lahir bathin, keselamatan, kelancaran, diberikan kemudahan urusannya, bisa sukses memajukan Desa Wanajaya dan mensejahterakan masyarakatnya," ucapnya.
 
Ia juga mengucapkan terima kasih kepada kepala desa terdahulu atas segala bentuk perjuangan, pengabdian selama satu tahun lebih mengabdi.
 
"Mudah-mudahan segala bentuk pengabdiannya dibalas oleh Allah SWT dengan pahala yang berlipat ganda," ungkapnya.
 
Bupati berpesan kepada Kades terpilih agar meluruskan niat untuk ibadah kepada Allah SWT dan mengabdi kepada masyarakat.
 
"Luruskan niat dalam rangka ibadah kepada Allah SWT. Insyaalloh kalo niatnya ibadah Allah SWT akan memudahkan urusan kita. Kalau diniatkan ibadah, gerak langkah kita dan hati kita akan mudah membela dan melayani masayarakat. Kalau diniatkan ibadah, dunia tercapai, akhirat pun tercapai," ujarnya.
 
Bupati meminta Kades agar melayani semua warga masyarakat Wanajaya dengan baik.
 
"Layani masyarakat dengan baik. Prinsipnya kalau kita selaku pemimpin  mempermudah urusan rakyat, Allah akan mempermudah urusan hidup kita. Itu kuncinya. Permudah, percepat, peringkas, berkualitas, bebas Pungli dan sebagainya," tegasnya.
 
Bupati mengamanatkan agar Kades melakukan inovasi, berpikir kreatif dan bertindak innovatif.
 
"Buatkan terobosan-terobosan untuk  melayani masyarakat yang sebelumnya tidak ada tapi bisa berhasil diterapkan disini. Kira- kira apa inovasinya yang bisa mempercepat masyarakat sejahtera, cepat dilayani," tukasnya.
 
Bupati meminta kepada Kades agar dapat membuat sejarah pada masa kepemimpinannya yang akan dikenang oleh seluruh warga masayarakat Desa Wanajaya.
 
"Buatlah sejarah yang baik yang nanti akan dikenang oleh masyarakat, bahkan membawa keberkahan bagi anak cucu kita kelak.Tapi kalau kita menjabat membuat hal- hal yang kurang baik, akan memberikan beban yang berat kepada anak cucu kita di kemudian hari," tuturnya.
 
Terakhir Bupati mengatakan agar Visi Misi Desa Wanajaya harus selaras dengan Visi Misi Sumedang Simpati.
 
"Visi Misi cepat jalankan dan sesuaikan dengan Visi misi Sumedang Simpati. Harus sejalan kebijakan dan program kegiatan yang ada di Desa Wanajaya dengan Visi Sumedang Simpati," pintanya.
 
*Di Tahun 2020 Jalan di Surian Kembali Mulus*
 
Sesuai dengan program dan janji politik Bupati dan Wakil Bupati yakni membangun infrastruktur sampai ke pinggiran, akhirnya perbaikan jalan di wilayah Kecamatan Surian telah dilaksanakan di Tahun 2019.
 
Berbagai pencapaian pembangunan infrastruktur tersebut disampaikan Bupati H Dony Ahmad Munir saat melantik Kepala Desa Terpilih Pengganti Antarwaktu Desa Wanajaya Kecamatan Surian sisa masa jabatan 2018-2024 Erwan Riswanto, di halaman Desa Wanajaya (3/1/2020).
 
Surian sendiri adalah kecamatan paling ujung di Utara Sumedang. Wilayah ini berbatasan langsung dengan Subang dan Indramayu. Sebelumnya warga Surian lebih memilih rute jalur Subang untuk beraktifitas dengan alasan lebih dekat juga karena jalannya lebih bagus daripada ke Sumedang.
 
Namun setelah beberapa ruas jalan ke wilayah tersebut diperbaiki, warga pun kembali memilih ke Sumedang dalam aktifitas ekonominya.
 
"Alhamdulillah, akses menuju wilayah Kecamatan Surian sudah mulai ditangani di Tahun 2019 ini. Diantaranya Jalan Cipadung-Cisempak sepanjang 3,6 Km dengan dana APBD Rp. 2,8 Milyar, Jalan Hariang-Karangbungur sejauh 1,81 Km Rp. 1,48 Miliar, dan Jalan Cikaramas-Jingkang 1,14 Km senilai Rp.1,6 Milyar dari APBD," ujar bupati.
 
Masih di Tahun 2019, lanjut Bupati, dilaksanakan pula kegiatan Peningkatan Ruas Jalan Cikaramas-Jingkang berupa Jalan Hotmix sejauh 2,53 Km senilai Rp.1,9 Milyar dari dana Bantuan Provinsi.
 
"Hasil pekerjaan lainnya adalah Jalan hotmix Cipadung-Cisempak sepanjang 3,55 Km senilai Rp. 2,86 Milyar, Jalan hotmix Hariang-Karang Bungur sejauh 1,75 Km dengan nilai Rp.1,4 Milyar, dan Jalan Rigid Beton 1,14 Km antara Cikaramas-Jingkang senilai Rp. 1,6 Milyar," tutur bupati.
 
Bupati juga menginformasikan kepada warga Desa Wanajaya tentang pembangunan infrastuktur Jalan yang akan segera diperbaiki di Tahun 2020.
 
"Untuk Tahun 2020, saya tetap berkomitmen memperbaiki jalan dan drainase. Tujuannya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan roda perekonomian," ujar Bupati.
 
Ruas jalan yang akan diperbaiki Tahun 2020 adalah Jalan Cisumur-Nangerang dengan sumber dana dari DAK senilai Rp. 3,87 Milyar dengan pekerjaan berupa jembatan, TPT jalan dan rigid beton sepanjang 1,5 KM. Begitu juga Peningkatan Jalan Hariang- Cisumur yang dianggarkan Rp. 1,7 Milyar berupa rigid beton sejauh 600 meter dan jalan hotmix 700 meter. 
 
"Kemudian peningkatan Jalan Sanca-Nangerang dengan anggaran Rp.1,66 Milyar sepanjang 1,6 Km dan Jalan Cisumur-Nagerang dengan anggaran Rp. 360 juta sumber dana dari PIK. Mudah- mudahan bisa terwujud. Doakan agar lancar," kata bupati.
 
Bupati juga berpesan kepada warga agar memelihara hasil-hasil pembangunan tersebut bersama-sama agar lebih awet pemanfaatannya. 
 
"Saya titip kalau jalan sudah dibetulkan awasi supaya betul- betul dalam pengerjaannya. Pelihara saluran airnya. Bangkitkan kegotongroyongan untuk menjaga hasil pembangunan agar bertahan lama," pungkasnya.

(penerbit: sumedangkab.go.id)