PEMKAB- Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir menyinggung-nyinggung warisan yang harus jaga masyarakat Kabupaten Sumedang saat mengeglar pilakdes serentak nanti. Warisan tersebut adalah kondusif, damai dan amannya setiap pelaksanaan pesta demokrasi di Sumedang.

"Karena Sumedang punya warisan, di setiap event berlangsung aman dan damai, baik itu pemilihan presiden, Pilkada, Pileg, sampai Pilkades. Saya titip kepada para calon, warisan ini harus dipertahankan agar pelaksanaan Pilkades berjalan damai," kata bupati, Rabu (20/10/2021).

Acara deklarasi sendiri dihadiri perwakilan calon kades dari setiap kecamatan, perwakilan DPRD, Polres, Kodim, Kejari, dan Pengadilan Negeri.

Menurut bupati, deklarasi ini merupakan sebuah ikhtiar agar pelaksanaan Pilkades Serentak di Sumedang berjalan lancar dan kondusif.

"Dengan deklarasi ini setidaknya akan mempengaruhi psikologis para calon kades, supaya menjaga kondusifitas sebelum, saat, dan setelah pemilihan. Para calon harus mengedepankan kondusifitas," ucapnya. 

Lebih jauh, bupati mengimbau kepada para calon kades agar tetap menjalankan protokol kesehatan saat pelaksanaan Pilkades, sebab saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19. Menurutnya, indikator kesuksesan Pilkades Serentak adalah aman dari penyebaran Covid-19.

"Arahkan juga para pendukung dan simpatisan agar tetap mematuhi protokol kesehatan. Jangan lupa, covid masih ada," tuturnya. (agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)