SUMEDANGKAB.GO.ID, SITURAJA - Kawasan hutan Desa Bangbayang, Kecamatan Situraja kini menjadi tempat camping yang menarik dari sebelumnya berupa lahan tanaman kopi.
"Sekarang sejumlah titik kawasan sudah dikelola oleh sejumlah kelompok. Bahkan kalau akhir pekan, sekarang menjadi areal camping," ujar Umar, Kades Bangbayang, Senin (13/7/2020).
Dengan demikian, potensi alam yang dulu ditata oleh pemerintah desa bekerjasama dengan pihak pengelola kini sudah bisa diberdayakan untuk pengembangan wisata yaitu camping ground.
Salah satu pengelola kawasan Bangbayang Saepulrohman menyebutkan selain membuka lahan untuk camping, pihaknya juga telah membuat kawasan tanam kopi, sarana perisitirahatan dan penataan kawasan menjadi lahan wisata.
Selain bisa menikmati alam kawasan Bangbanyang setiap pengunjung bisa disuguhkan edukasi tentang kopi, dan hasil bumi lainnya.
"Dengan camping kita bisa mengajak orang luar mengetahui potensi alam di Bangbayang. Diharapkan bisa menikmati alam dan juga mendapatkan edukasi," ujarnya.
Menurut Aep, kini sejumlah kawasan titik wisata sudah mulai dibuka akses jalan. Kemudian dibangun sarana peristirahatan lengkap dengan sarana dan prasarananya.
Ia berharap dengan dibukanya kawasan yang bisa jadi tempat wisata bisa memberdayakan masyarakat Bangbayang. Kemudian selain itu bisa juga menghasilkan komoditas hasil bumi yang baik. ***(nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)