LAPAS - Pengecekkan fasilitas keamanan di Lapas Kelas IIB Sumedang, Rabu (8/9/2021). Pengecekan ini dilakukan menyusul tragedi kebakaran Lapas Kelas I Tangerang yang menewaskan 41 napi, Rabu (8/9/2021) dini hari.

Kabag Ops Polres Sumedang, Kompol Djoko menuturkan, dalam kesempatan itu pihaknya bersama PLN mengecek apa saja yang berpotensi menyebabkan kebakaran.

"Kami bersama pihak Lapas dan PLN juga, melakukan pengecekan, mengantisipasi kejadian seperti di Lapas Tangerang," katanya.

Djoko menggambarkan, pengecekan dilakukan diantaranya pada instalasi listrik, bahan-bahan mudah terbakar, dan peralatan pemadam kebakaran.

"Kami cek semuanya, dalam artian mengantisipasi jangan sampai terjadi di wilayah kami Kabupaten Sumedang," ucapnya.

Kepala Lapas Kelas IIB Sumedang, Imam Sapto mengatakan, sebagai bentuk kesiapan penanggulangan kebakaran, pihaknya sudah melakukan pengisian ulang alat pemadam api ringan (APAR) pada Juli 2021 lalu.

"APAR yang kami punya ada 3, ini memang kurang, namun kami juga menyiapkan pasir sebanyak 10 karung sebagai media untuk memadamkan api," ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Satpol PP Kabupaten Sumedang, untuk mengadakan pelatihan cara memadamkan api oleh petugas Lapas.

"Untuk instalasi kelistrikan di kami memang sudah cukup lama, tapi sudah direncanakan akan dilakukan perbaikan tahun 2022 nanti," ucapnya. (agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)