Penulis : Agun Gunawan | Editor : Deddi Rustandi

NAGRAK - Pemerintah Desa Nagrak Kecamatan Buahdua terus memicu minat baca masyarakat. Salah satunya melalui program Satu Bulan Satu Buku (Sabu Sabu) selesai dibaca. "Kami terus memicu minat baca masyarakat. Kebetulan Ketua TP PKK Desa Nagrak sekaligus Bunda Literasi, ibu Yuyun Yulianingsih, punya program Sabu Sabu, yaitu satu bulan satu buku selesai dibaca," kata Sekretaris Desa Nagrak, Hendra Juanda, Kamis (30/5).

Hendra mengatakan, minat baca di Desa Nagrak sendiri lebih menyasar kepada anak-anak dan remaja. Meski demikian tak jarang para orangtua juga ikut berkunjung ke perpustakaan Pustaka Jaya, yang terletak di ruangan kantor kepala desa. "Pemicuan minat baca terus dilakukan dalam berbagai kesempatan, hal ini sebagai bentuk implementasi upaya meningkatkan literasi melalui membaca buku," ujarnya.

Selain meningkatkan literasi, upaya meningkatkan minat baca juga dimaksudkan untuk mengurangi dampak ketergantungan gadget di kalangan remaja. "Kebetulan dalam waktu dekat, Desa Nagrak mewakili Kabupaten Sumedang di ajang inovasi TP PKK tingkat Jabar bertemakan Gelari Pelangi Koleksi," ungkapnya.

Saat ini perpustakaan Pustaka Jaya sudah memiliki ratusan koleksi buku. Terbaru, sebanyak 198 buku yang bertajuk edukasi Bahasa Sunda diberikan oleh Ketua TP PKK Kecamatan Buahdua "Alhamdulilah saat ini untuk ragam buku kurang lebih ada 200 judul, kalau jumlah buku sekira 500 buah," katanya. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)