DINKES - Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang terus melakukan vaksinasi Covid-19. Untuk sasaran lansia dilakukan secara door to door.  Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang Dadang Sulaeman mengatakan langkah ini dilakukan dalam upaya mempercepat capaian vaksinasi khususnya kelompok lansia di Sumedang.
"Bagi kelompok lansia yang tidak dapat datang ke lokasi pelayanan vaksin kami lakukan dengan door to door," jelas Dadang Selasa (9/11/2021).

Diakui Dadang saat ini capaian vaksinasi bagi lansia di kabupaten Sumedang sudah mencapai 50% lebih dan ini menjadi yang terendah dibandingkan sasaran lainnya.
Apalagi lanjut Dadang, pemerintah pusat kini menargetkan mimimal capaian vaksinasi kelompok lansia adalah 60% dari sasaran yang ada bila suatu daerah ingin masuk level 1 PPKM.

Sebelumnya lanjut Dadang tak ada ketentuan tersebut dimana syarat suatu daerah agar terbentuk herd imunnity capaian vaksinasinya 70% minimal secara umum. "Jadi sekarang selain capaian vaksinasi secara umum 70%, untuk sasaram lansia minimal harus 60%," katanya.

Untuk itulah, lanjut Dadang, pihaknya saat ini semakin gencar melakukan vaksinasi dengan sasaran lansia meskipun berbagai kendala sering dijumpai dilapangan.
"Vaksinasi dengan sasaran kelompok lansia memang banyak sekali kendalanya, selain mereka banyak yang memiliki penyakit penyerta atau komorbid, juga mereka beranggapan kalau mereka tidak kemana mana sehingga tidak perlu divaksin, belum lagi kendala alam seperti musim. Hujan yang saat ini mulai datang sehingga la ngkah petugas agak terhambat," kata Dadang.


Dadang mengimbau kepada masyarakat yang belum divaksin khusisnya kelompok lansia untuk tidak takut divaksin, apalagi kelompok lansia termasuk yang rentan.
"Tentunya upaya ini sebagai bentuk ihtiar yang pemerintah lakukan agar masyarakat terhindar dari serangan Covid 19, selain itu agar penyebaran covid lebih terkendali," tambahnya. (edk)

(penerbit: sumedangkab.go.id)