Penulis : Agun Gunawan | Editor : Deddi Rustandi

DISNAKERTRANS - Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sumedang menyadari pentingnya identifikasi dan pemahaman tren investasi yang akan masuk ke daerah. Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Vokasi dan Penempatan Kerja, Irma Dewi Agustin, sebagai dasar dalam merumuskan kebijakan strategis untuk penyiapan tenaga kerja.

Irma menjelaskan bahwa langkah ini bertujuan untuk memastikan kebutuhan tenaga kerja dapat disesuaikan dengan perkembangan investasi, sehingga berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi daerah Rebana Metropolitan Jabar, yang termasuk Sumedang di dalamnya. "Rebana membutuhkan 400 ribu tenaga kerja, dan kami harus memanfaatkan peluang tersebut," kata Irma.

Oleh karena itu Irma juga menekankan pentingnya peningkatan kompetensi angkatan kerja melalui penyesuaian kurikulum di SMK di Kabupaten Sumedang. Hal itu sesuai dengan kebutuhan pasar kerja di kawasan Rebana Metropolitan Jabar. "Pendidikan berbasis vokasi yang menonjolkan 70 persen praktik dan 30 persen teori ini sangat mendukung kebutuhan tersebut," ujarnya.

Dikatakan, Disnakertrans Sumedang juga sedang mengembangkan pentahelix baru yang melibatkan pemerintah, dunia usaha, masyarakat, dan faktor lingkungan.
"Langkah ini diharapkan dapat menciptakan sinergi antara stakeholder untuk meningkatkan kualitas angkatan kerja di Sumedang, sesuai dengan kebutuhan pasar kerja di Rebana," tuturnya. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)