Penulis : Agun Gunawan | Editor : Deddi Rustandi

DISNAKERTRANS - Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sumedang terus berupaya melakukan penurunan angka pengangguran dengan memfasilitasi angkatan kerja untuk bekerja di luar negeri.

Kepala Bidang Pelatihan Vokasi dan Produktivitas pada Disnakertrans Kabupaten Sumedang Irma Dewi Agustin mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan seleksi untuk penempatan magang ke Jepang. "Seleksi yang dilakukan menyasar pada angkatan kerja yang betul-betul siap dan mempunyai keinginan kuat untuk jauh dari tanah air demi upah kerja yang lebih menjanjikan," kata Irma.

Untuk seleksi untuk pelatihan bahasa dan budaya Jepang untuk penempatan ke jepang baik magang maupun bekerja migran Indonesia. Selama dua hari 9-10 Juli 2024, sebanyak 171 angkatan kerja dilakukan seleksi. "Hari pertama sudah dilakukan test lari di lapangan kemudian tes fisik apakah ada penyakit. Setelah itu tahapan selanjutnya adalah pendidikan dasar psikotes dan terkahir wawancara," ujarnya.

Dikatakan, proses seleksi dilaksanakan supaya menghasilkan angkatan kerja yang berkualitas. Terlebih hal ini berkaitan dengan kredibilitas  Disnakertrans yang harus mengirimkan angkatan kerja yang terampil ke Jepang. Selain itu calon tenaga kerja juga menjalani tes kemampuan matematika dasar, penguasaan bahasa Jepang juga psikologi yang nantinya akan disalurkan ke beberapa LPK yang telah bermitra dengan pemerintah. "Nanti yang lolos akan dilatih 4 sampai 6 bulan di masing-masing LPK, kemudian akan diberi kesempatan dites oleh pihak Jepang seperti wawancara untuk job order juga diberikan lagi pemantapan bahasa dan budaya. Kemudian setelah mendapatkan ijin tinggal di Jepang, mereka difasilitasi oleh LPK pemberangkatan untuk magang maupun bekerja migran," kata Irma. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)