Penulis:  Endan Dodi Kusnaedi| Editor: Vera Suciati 

DISKANAK - Pihak Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Sumedang selain melakukan pemeriksaan hewan kurban sapi, juga melakukan pemeriksaan pada jenis domba dan kambing.

Seperti yang dilakukan petugas UPTD Perikanan dan Peternakan wilayah Kota meliputi Kec Sumedang Utara, Sumedang Selatan dan Ganeas.

Pemeriksaan hewan kurban jenis domba dan kambing oleh Tim kesehatan hewan (keswan) dilakukan dengan mendatangi kandang milik peternak.

Kepala UPTD Wilayah Kota, Siti Mulyani, mengatakan seperti halnya hewan sapi, domba dan kambing pun untuk yang sehat akan diberi tanda dengan pengalungan tanda sehat.

"Setelah kami melakukan pemeriksaan, alhamdulilah hewan yang diperiksa dalam kondisi sehar sehat dan memenuhi kriteria untuk kurban," jelas Siti Mulyani, Sabtu, 15 Juni 2024.

Menurut Siti, kriteria hewan yang memenuhi untuk kurban diantaranya sehat (ternaknya aktif,nafsu makan baik,mata jernih,elastisitas kulit baik dan bulu mengkilap, lubang jumlah lembab)

Kemudian tidak cacat (secara exterior terlihat normal, tidak pincang, testis simetris,dll), serta cukup umur (pergantian gigi minimal 1 pasang).

Lebih lanjut dikatakan Siti, pihaknya menghimbau kepada masyarakat untuk senantiasa teliti dalam membeli hewan kurban sehingga memenuhi kriteria yang disyaratkan. (*)

(penerbit: sumedangkab.go.id)