Penulis: Endan Dodi Kusnaedi| Editor: Vera Suciati 

DISPARBUDPORA - Kabupaten Sumedang pada tahun 2024 ini menargetkan jumlah kunjungan wisata sebanyak 2 juta orang . Namun, untuk mencapai target tersebut Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga berharap objek wisata (obwis) yang ada di Sumedang bisa terus meningkatkan jumlah kunjungan.

Kepala Bidang Pariwisata Disparbudpora Sumedang, Egi Powi Proyegi, mengatakan berbagai cara dapat dilakukan pengelola obwis dalam meningkatkan kunjungan wisata.

"Salah satunya dengan penataan lokasi sekitar obwis atau bisa juga menggelar event di obwis sehingga bisa mengundang lebih banyak pengunjung," jelas Egi, Jumat, 25 Juli 2024.

Egi pun mengapresiasi beberapa obwis di Sumedang yang saat ini sudah mulai menggelar event event di lokasi wisatanya yang bisa mendongkrak jumlah kunjungan.

"Awal Juli kemarin misalnya ada komunitas mobil xenia di obwis Tanjung Duriat kawasan Jatigede yang bisa mendatangkan banyak wisatawan," jelasnya.

Bahkan lanjut dia, pengunjung bukan hanya datang dari wilayah Hawa Barat tetapi juga banyak juga yang datang dari luar Jabar bahkan dari Sumatra.

"Tentunya ini menjadi sesuatu yang baik karena secara tidak langsung juga bisa mempromosikan lokasi wisata yang ada di Sumedang," tambahnya.

Bahkan dari beberapa obrolan mereka tampak tertarik dengan Tanjung Duriat dan berencana datang lagi membawa keluarga.

Lebih lanjut dikatakan Egi dengan meningkatnya jumah kunjungan di suatu objek wisata juga akan memberikan dampak bagi perekonomian warga sekitar.

"Jadi dengan meningkatkan kunjungan wisata bukan hanya objek wisatanya yang diuntungkan tetapi perekonomian warga sekitar pun ikut meningkat," jelasnya. (*)

(penerbit: sumedangkab.go.id)