Penulis : Agun Gunawan | Editor : Deddi Rustandi

RANCAKALONG - Gedung Geoteater dikelola Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDESMA) Rusa Emas, Rancakalong. Pengelolaan Geoteater berdasarkan Perjanjian Kerjasama yang ditandatangani oleh Pj Bupati Sumedang dengan BUMDESMA Rusa Emas pada 7 Desember 2023.

Camat Rancakalong Cecep Supriatna mengatakan, Geoteater dapat dikelola secara maksimal, sehingga keberadaannya berdampak positif bagi masyarakat. "Kalau di Jatigede ada Menara Kujang Sapasang atau Taman Seribu Cahaya, kenapa tidak Geoteater ini kami jaga, karena merupakan program pemerintah juga. Mudah-mudahan berdampak bagi kepentingan masyarakat," kata Camat Cecep.

Oleh karena itu ia berharap kegiatan seni budaya seperti Geo Festival kemarin harus lebih sering diadakan di Geoteater. "Dengan semakin banyak event akan menjadi daya tarik wisata. Seperti Geo Festival, harapannya kami juga dapat menggugah kalangan zilenial untuk dapat mewarisi ada budaya," imbuhnya.

Direktur BUMDESMa Rusa Emas, Tatang Cahyana, menambahkan, kegiatan Seni Budaya BUMDESMa yang digelar kemarin sekaligus peluncuran awal pengelolaan Geoteater oleh BUMDESMa Rusa Emas. "Kegiatan Festival Seni Budaya kami gelar sebagai ajang promosi dan informasi kepada warga masyarakat, bahwa Geoteater secara resmi dikelola oleh BUMDESMa. Kami ingin membuktikan bahwa BUMSESMa Rusa Emas ini serius dalam mengelola Geoteater," kata.

Ke depan, kata Tatang, akan diadakan kegiatan seni budaya lebih banyak lagi di Geoteater, sehingga keberadaan Geoteater dapat dirasakan manfaatnya khususnya bagi warga sekitar. Oleh ia memohon dukungan dari pemerintah daerah. "Kedepan insya Allah kami akan mengadakan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi warga masyarakat khususnya sekitar Geoteater, yakni Desa Sukamaju, Sukahayu, Nagarawangi, Pamekaran, umumnya Kecamatan Rancakalong dan Kabupaten Sumedang," tuturnya. [8}

(penerbit: sumedangkab.go.id)