SUMEDANG - Minggu, (25/04/2021) Grand Final Pasanggiri Mojang Jajaka (Moka) Kabupaten Sumedang baru saja digelar di Gedung Negara Sumedang. Sebanyak 16 peserta telah mengikuti Grand Final Moka, yang terdiri dari 10 Mojang dan 6 jajaka, yang merupakan hasil dari seleksi peserta yang mengikuti Pasanggiri Mojang Jajaka.
 
Turut hadir dalam acara tersebut Sekretaris Daerah Kab. Sumedang, Kepala Disparbudpora Kab. Sumedang, Paguyuban Mojang Jajaka Kab. Sumedang serta tamu undangan lainnya.
 
Maksud dan tujuannya diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk menjaring dan mengembangkan nonoman Sumedang yang berkualitas, berkarakter dan memahami akar budaya dengan sumbangsih seluruh potensi yang dimilikinya untuk mewujudkan ekonomi krraktif, pariwisata dan kebudayaan sebagai sarana perkembangan ekonomi.
 
Adapun tujuan dari penjaringan Mojang Jajaka ini yaitu :
1. Mencetak generasi muda Sumedang yang unggul dan berdidikasi yang dapat mewakili Sumedang di kancah regional, Nasional dan internasional
2. Melestarikan dan mengenalkan budaya Sumedang dan budaya sunda
Meningkatkan citra pariwisata pemahaman pariwisata dan kebudayaan Sumedang dikalangan muda
 
Dalam sambutannya Sekretaris Daerah Kab. Sumedang (Drs. Herman Suryatman.,M.Si) mengucapkan selamat kepada 16 Finalis yang telah masuk ke babak Grand Final Mojang dan Jajaka, melalui kegiatan ini diharapkan dapat menjadi agen perubahan di bidang kebudayaan dan pariwisata yang tentunya bisa mempromosikan pariwisata Sumedang dan menjadi pemimpin masa depan di bidangnya. Di zaman sekarang ini tantangan makin komplek dampak digital disruption mampu mengatisifasinya terutama dalam menangani berita hoax dan milenial disruption harus mempersiapkan diri dan mempunyai visi dan misi untuk memajukan Kabupaten Sumedang. (Diskominfosanditik)

(penerbit: sumedangkab.go.id)