Pemulis: Pupuh S. Wijaya| Editor: Vera Suciati

KOTA - Setelah vakum selama 4 tahun akibat pandemi Covid-19, program Car Free Day (CFD) kini kembali diselenggarakan di Kabupaten Sumedang.

Uji coba perdana CFD ini diluncurkan secara resmi oleh Penjabat Bupati Sumedang, Yudia Ramli bersama para pimpinan OPD, di Alun alun Sumedang, Minggu, 14 Juli 2024.

Adapun area yang digunakan untuk program CFD ini berada di kawasan Alun-alun Sumedang, mulai dari Bundaran Binokasih sampai dengan perempatan Kejaksaan Negeri Sumedang, dimulai pukul 06.00 sampai pukul 10.30 WIB.

Kegiatan Car Free Day diisi dengan berbagai kegiatan menarik seperti senam pagi, jalan sehat, sepeda santai, gelar UMKM, zona pelayanan publik, serta pertunjukan seni dan budaya. 

Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengurangi ketergantungan warga terhadap kendaraan bermotor dan sekaligus memberikan ruang publik bagi masyarakat untuk berolahraga dan beraktivitas lainnya.

Pj. Bupati Yudia Ramli dalam kesempatan tersebut menyampaikan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan gaya hidup sehat. Dengan diluncurkannya program Car Free Day, kata dia, diharapkan dapat meningkatkan kesadarn masyarakat akan pentingnya lingkungan yang bersih dan sehat.

"Dengan adanya program Car Free Day ini, masyarakat Sumedang dapat lebih peduli terhadap lingkungan sekitar dan turut berperan aktif dalam menjaga kebersihan serta kesehatan lingkungan,"ujarnya.

Pj. Bupati juga menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah turut serta dalam persiapan acara ini. Ia mengatakan, tanpa kerja keras dan kerjasama dari semua pihak, CFD ini tidak akan terwujud.

"Program Car Free Day yang kita luncurkan hari ini bukan hanya sekedar kegiatan rutin, namun merupakan upaya konkret kita untuk lebih meningkatkan kesadaran akan pentingnya lingkungan yang bersih dan sehat," kata Yudia.

Dengan menutup jalan-jalan tertentu untuk kendaraan bermotor setiap minggunya, lanjut dia, memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk beraktivitas secara aktif, sekaligus mengurangi polusi udara yang semakin mengkhawatirkan.

"Kita jadikan kegiatan ini sebagai wadah berinteraksi dengan sesama, olahraga dan menikmati keindahan alam yang kita miliki. Saya yakin kita dapat menciptakan lingkungan yang lebih bersih, sehat, dan lestari untuk generasi yang akan datang," pungkasnya.(*)

 

(penerbit: sumedangkab.go.id)