Penulis : Arindi | Editor : Deddi Rustandi

KESRA - Pj Bupati Yudia Ramli mengapresiasi Pondok Pesantren  Salafiyah Khaira Ummah yang telah turut berperan mendidik generasi muda dengan ilmu pengetahuan bersendikan Islam.  Pj Bupati Yudia  membuka  Wisudawan/Wisudawati Haflah Miladiyyah ke- 7, Haflah Khatmil Quran ke-3 dan Khaflah Akhirussanah Pondok Pesantren Salaffiyah Khaira Ummah Tahun 2024 di Ponpes Sallafiyah Khaira Ummah, Kebonkalapa, Desa Margamukti, Kecamatan Sumedang Utara, Minggu (14/7/2024)

"Ponpes Salaffiyah Khaira Ummah telah berkontribusi melahirkan generasi-generasi Islam yang menjadi pewaris nabi dan membumikan Al Qur.’an di Sumedang. Saya yakin akan lahir para penjaga kalam Allah yang bukan hanya menghafal secara lisan juga memaknai dan meresapinya dengan hati dan pikiran serta mengamalkannya dalam tutur dan perilaku,” kata  Pj Bupati Yudia.

Yudia mengucapkan selamat kepada para wisudawan yang telah menyelesaikan pendidikan sesuai target masing-masing marhalah atau tingkatannya pada tahun 2024 ini. “Kepada santri remaja dan santri sepuh tetap semangat belajar Al Qur.’an dari nol dan zikir. Semangat yang luar biasa dalam belajar mudah-mudahan bapak dan ibu menjadi ahli surga,” kata Yudia.

Yudia berharap, para santri  tekun dalam belajar dan menjadi manusia yang bermamfaat bagi keluarga, agama, nusa bangsa dan negara. “Jadilah anak-anak yang menghormati semua mahluk allah. Jadilah khalifah bumi yang amanah, memelihara  dan memakmurkan bumi dan seisinya, serta menjaga hafalan baik yang baru 1 juz maupun yang hafal 30 juz,”kata Yudia.

Menurutnya, penghayatan dan pengamalan ilmu agama merupakan salah satu upaya pemberdayaan umat untuk mencapai kemajuan dan kesejahteraan bersama. “Dalam menjalani kehidupan dengan semua tantangan dan kemajuan peradaban yang mungkin saja membuat kalian jauh dari jalan yang lurus dengan berbekal Al Qur.’an dan ilmu pengeetahuan yang diperoleh. Saya yakin dapat menjadi bekal untuk menghadapi semua tantangan dengan semangat iklas dan tawakal serta memberi mamfaat bagi sekitar,” katanya. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)