Penulis : Agun Gunawan | Editor : Deddi Rustandi

GEDUNG NEGARA - Berbagai acara bakal meramaikan peringatan Hari Jadi ke-446 Sumedang (HJS). Acara tersebut mulai dari upacara resmi, bakti sosial, keagamaan, budaya, rapat paripurna, hingga hiburan.

Plh Pj Bupati Sumedang Tuti Ruswati menuturkan, rangkaian acara HJS 446 dimulai dengan acara halal bihalal Idulfitri di Lapangan PPS, Selasa 16 April 2024 ini. "Sebenarnya rangkaian kegiatan HJS sudah dimulai, besok tanggal 17 April 2024 upacara resmi peringatan HJS, pemberian sembako ke para abang becak," kata Tuti.

Usai upacara, kegiatan dilanjutkan dengan ziarah ke makam-makam leluhur Sumedang, yakni ke Dayeuhluhur, Gunung Puyuh, dan Pasarean Gede. Lalu pada hari Sabtu 21 April akan digelar Tablig Akbar di halaman MPP, dengan menghadirkan penceramah Ustd. Abdul Somad. Lalu, ada pula bakti sosial dan khitanan massal di Gedung Negara, yang akan digelar pada 23 April. Kemudian Sumedang Bersholawat di Alun-Alun Sumedang pada 25 April.

Selain itu ada pula hiburan bagi warga masyarakat Sumedang yakni Ngagogo (menangkap ikan) di kolam penampungan Masjid Al-Kamil PPS, serta Bazar Sembako murah. Bagi para pecinta olahraga sepeda, ada juga acara Gowes Sabilulungan di Alun-Alun Sumedang. Rencananya gelaran gowes ini akan dimeriahkan dengan hadiah dan hiburan.

Dan pada puncaknya hari Minggu 28 April, akan digelar Kirab Panji dan Mahkota Kemaharajaan, serta Malam Puncak HJS 466 Tahun 2024. Pada acara Malam Puncak ini juga bakal digelar berbagai hiburan masyarakat, dan dimeriahkan bintang tamu artis nasional. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)