Penulis : Deddi Rustandi | Editor : Deddi Rustandi

Pj Bupati Sumedang  Yudia Ramli dinobatkan sebagai keturunan ke-19 trah Karaton Sumedang Larang. Penobatan dilakukan di Gedung Srimanganti oleh Sri Radya KSL PYM. H. Rd. I. Lukman Soemadisoeria ditandai dengan Penyematan Pin Trah tanda Kehormatan dan Pemasangan Bando kepada Pj Bupati Yudia Ramli. Setelah dinobatkan Pj Bupati Yudia Ramli bergelar Haji Raden Yudia Ramli.

Leluhur Yudia Ramli berasal dari Limbangan Garut tetapi kakek buyutnya masih dari Sumedang. Sumedang bukan kampung orang lain karena Uyut Salinggih yang masih trahnya dari Sumedang. Hasil penelusuran Karaton Sumedang Larang, KHR Salinggih atau Raden Ibrahim merupakan keturunan ke 13 dari pendiri Sumedang Larang atau Prabu Tadjimalela atau Batara Tuntang Buana.

Salinggih menikah dengan NR. Lulu Alamiah memiliki putra KHR. Kosasih kemudian  berputra NR. Alamiah, berputra KHR. Zakarsyi Hasan Maulani, berputra KHR. Ahmad Badrudin, berputra, HR Ending Maulani, berputra, HR. Yudia Ramli. Pj Bupati Yudia Ramli ini menjadi keturunan ke-19 .

Sementara dari Salinggih ke atas, silsilahnya RM Tjandradipa-KHR. Abdul Moetolib-RD Singamanggala yang merupakan putra Pangeran Rangga Gede Koeoemahadinata IV (Bupati Sumedang 1625-1633). Pangeran Rangga Gede ini keturunan ke-9 dan merupakan anak dari Raja Sumedanglarang Prabu Geusan Ulun dari istri Nyi Mas Cukang Gedeng Waru.

Geusan Ulum putra dari Ratu Pucuk Umum/Ratu Inten Dewata yang menikah dengan Pangeran Santri. Pucuk Umum ini memiliki ibu Nyimas Ratu Patuakan yang merupakan generai ke-6 dari Sunan Tuakan-Sunan Guling-Sunan Pagulingan-Prabu Gajah Agung yang tak lain anak dari Prabu Tadjimalela. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)