SUKAJAYA - Pemkab Sumedang terus berupaya melakukan pembangunan di sektor pariwisata. Salah satu upaya, yakni dengan melakukan kerjasama dengan berbagai pihak untuk mengembangkan wisata di Sumedang, diantaranya dengan PT. Sarana Multigriya Finansial (SMF) dan YMIE.  Sebelumnya dilakukan penandatanganan kerjasama antara PT. SMF dengan Bumdes Simpay Wargi Desa Sukajaya Kecamatan Sumedang Selatan, dan dihadiri Bupati Dony Ahmad Munir, pada Rabu (16/6/2021).

Kerjasama melalui pembiayaan homestay, pendampingan, pemberdayaan masyarakat dan pembinaan komunitas kelompok pariwisata. "Homestay dibangun di Desa Sukajaya Kecamatan Sumedang Selatan, diharapkan dengan dibangunnya homestay ini desa bisa mempersiapkan perangkatnya dan yang akan mengelolanya sehingga betul betul dapat menjadi homestay yang berfungsi dan menghasilkan keuntungan," kata Dony.

Ketua Bumdes Simpay Wargi Desa Sukajaya, Eko Mulyana menuturkan, saat ini pihaknya masih menunggu penyertaan modal untuk pembangunan homestay, yang akan di kawasan Babakan Gununggadung. "Rencananya akan dibangun 4 buah homestay dengan konsep semi permanen, ada unsur budaya lokal, dan ramah lingkungan. Akan dibangun bertahap satu-satu dulu," ujarnya, Selasa (22/6/2021).

Menurutnya, dengan adanya homestay akan menguntungkan bagis masyarakat sekitar. Ia menggambarkan makanan bagi penyewa homestay akan dipasok dari warga sekitar. (agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)