Penulis : Agun Gunawan | Editor : Deddi Rustandi

SURIAN - Warga bersama Pemerintah Desa Surian Kecamatan Surian memperbaiki jalan usaha tani (JUT) di blok Cidongke sepanjang kurang lebih 200 meter. Warga antusias bergotong royong memperbaiki jalan akses menuju lahan sawah Blok Cidongke. "Awalnya jalan tersebut merupakan jalan setapak. Namun, warga ingin memperbaiki jalan itu untuk mempermudah pengangkutan saat musim panen," kata Kepala Desa Surian, Karto Ganda Permana, Senin (10/6/2024).

Sawah di blok Cidongke seluas kurang lebih 30 hektar. Sawah di blok Cikonde merupakan sawah aktif yang bisa panen 3 kali dalam setahun. "Kami berusaha meningkatkan jalan usaha tani karena saat musim panen warga sangat kesulitan mengangkut hasil panen. Jalan licin dan susah dilewati," ujarnya.

Jalan yang awalnya setapak kini diperlebar untuk mempermudah akses bagi para petani mengangkut hasil panen sehingga bisa lebih hemat biaya angkut. Pihaknya pun merencanakan akan merabat beton JUT itu. "Namun sebelumnya, saya terlebih dahulu mengusulkan kepada warga agar jalan tersebut layak sebagai jalan usaha tani terlebih dahulu. Salah satunya dengan meningkatkan kualitas jalan. Kami juga ingin dengan adanya JUT tersebut bisa meningkatkan hasil panen karena akses untuk pengangkutan sarana pertanian lebih mudah," katanya. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)