Penulis : Puji Marliyana | Editor : Deddi Rustandi

GEDUNG NEGARA - Para kepala perangkat daerah Kabupaten Sumedang berkumpul di Gedung Negara untuk persiapan menjelang pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) 2025 dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Sumedang 2025-2045. "Sebelum Musrenbang dan RPJJPD yang akan dilaksanakan Senin (29/4/2024) mendatang, dilakukan evaluasi  persiapan terlebih dahulu. Kami lakukan persiapan ini karena ada beberapa hal yang sangat krusial yang harus disampaikan kepada Pj. Bupati Sumedang," ujar Plh Sekretaris Daerah Tuti Ruswati, Sabtu 27 April 2024.

Menurut Tuti, Pj. Bupati Sumedang perlu mendapat masukan-masukan rancangan yang telah disusun oleh Pemda Sumedang. "Tentunya beliau perlu mendapatkan masukan-masukan rancangan awal atau rancangan yang telah disusun. Tadi beliau memberi arahan yang begitu luar biasa, sehingga harus segera ditindak lanjuti," tuturnya.

Dikatakan Tuti, Pj Bupati Sumedang memberikan arahan bagaimana menajamkan rencana program untuk mencapai target yang telah ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045.

Sementara itu, Kepala Bappppeda Sumedang Agus Wahidin di hadapan Pj. Bupati melaporkan progres dan tahapan penyusunan rancangan RPJPD Kabupaten Sumedang 2025-2045. "Terdapat lima poin acuan kerja dalam fasilitasi penyusunan RPJPD, diantaranya berangkat dari masalah, straight to the point , fokus pada ultimate goals, gradual dan pertahankan serta tingkatkan prestasi," ucapnya.

Dikatakan Agus, dalam RPJPD terdapat beberapa isu strategis yang dibahas yakni pelayanan dasar dan pembangunan sumber daya manusia, kualitas lingkungan hidup dan ketahanan pangan, infrastruktur, pengembangan wilayah dan pertumbuhan ekonomi inklusif berbasis teknologi dan berkelanjutan, serta tata kelola pemerintahan. "Sementara rencana visi Kabupaten Sumedang yang akan diambil di tahun 2025-2045 adalah 'Sumedang Mandala'. Mandala mengandung arti Sumedang yang Maju, Mandiri, Adil, dan Berkelanjutan. Visi ini merupakan salah satu yang akan kita diskusikan di Musrenbang Senin mendatang," katanya. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)