Penulis : Ade Widi | Editor : Deddi Rustandi

GEDUNG NEGARA - Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli melepas jemaah calon haji Sumedang yang berjumlah 440 orang di halaman Gedung Negara. Jemaah calon haji asal Sumedang ini tergabung dalam Kloter 23, Minggu (2/6/2024). Pelepasan tersebut merupakan yang kedua kalinya setelah sebelumnya dilepas pada Gelombang Pertama pada 18 Mei 2024 di tempat yang sama dengan jumlah jemaah sebanyak 432 orang yang tergabung Kloter 8.

Pj Bupati Yudia mengucapkan, selamat kepada jemaah calon haji Kabupaten Sumedang yang berkesempatan menunaikan ibadah haji pada tahun ini. "Perjalanan panjang penuh penantian dan persiapan tentunya telah dilalui oleh bapak dan ibu karena pada tahun ini berkesempatan untuk menjadi tamu istimewa Allah di tanah suci," ujarnya.

Yudia juga turut mendoakan seluruh jemaah agar diberi kelancaran dan keselamatan baik slama di perjalanan, sampai di tanah suci, dan Ketika kembali ke tanah air. "Saya  mendoakan semoga jemaah calon haji berangkat dengan selamat sampai di Mekkah, aman, lancar dan pulang menjadi haji yang Mabrur," ujar Yudia.

Yudia juga berharap para jemaah calon haji Sumedang turut mendoakan agar proses Pilkada Serentak 2024 di Kabupaten Sumedang dapat berjalan dengan lancar dan sukses. "Diharapkan pada tanggal 27 November mendatang Pilkada serentak 2024 bisa lancar dan sukses serta menghasilkan para pemimpin Sumedang yang berkualitas," katanya.

Yudia bepesan, kepada jemaah calon haji agar menjaga kesehatan dan kebugaran fisik selama perjalanan di tanah suci, dan mematuhi semua peraturan dan pedoman yang ditetapkan Pemrintah Arab Saudi dan Kementerian Agama. "Untuk mengantisipasi risiko tinggi pada kesehatan para jemaah, kita juga mengingatkan para jemaah untuk menjaga kesehatan dengan memastikan asupan nutrisi yang dikonsumsi, serta istirahat yang cukup,"tuturnya.

Masih dikatakan Yudia, para jemaah harus menjaga nama baik Kabupaten Sumedang dan bangsa Indonesia dengan menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan moral selama berada di tanah suci. "Manfaatkanlah momen ibadah haji ini dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Perbanyaklah doa dan munajat, serta ikutilah semua amalan dan manasik haji dengan penuh penghayatan," katanya. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)