CIMALAKA - Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir menyambut baik kegiatan pelatihan para pemuda pemudi Sumedang dari berbagai kalangan untuk membentuk jati diri serta jiwa patriotisme sejak dini. Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Sumedang menggelar pelatihan kepemimpinan pemuda tahun 2020 di Aula Hanjuanghegar, Selasa (3/3/2020).  

Kegiatan yang dihadiri oleh kurang lebih 150 peserta dari berbagai elemen kepemudaan tersebut, dihadiri dan dibuka secara langsung oleh Bupati Sumedang  Dony Ahmad Munir. "Apresiasi setinggi tingginya telah melaksanakan kegiatan pelatihan, mampu memberikan kontribusi pemuda di masa datang  harapan saya para pemuda pemudi melaksanakan secara baik pelatihan yang ada," kata bupati.

Menurutnya, kemampuan yang harus dimiliki seorang pemimpin yakni kemampuan mempengaruhi orang lain. Kemampuan untuk memotivasi. Kemampuan untuk mengkomunikasikan dan kemampuan untuk mengajak solidaritas. “Jiwa kepemimpinan harus terus dilatih, diasah sejak dini,” katanya.

Pelatihan kepemimpinan sangat positif dan akan memberikan kontribusi bagi terbentuknya pemimpin-pemimpin muda di masa depan. “Pelatihan seperti ini akan dapat membentuk kompetensi para peserta, menambah pengetahuan dan akhirnya akan meningkatkan kapasitas,” katanya..

Disebutkan, Pelatihan kepemimpinan harus nyambung dengan beberapa program Pemkab Sumedang. Salah satunya program One Village One Product. “Selain membentuk jiwa kepemimpinan, dapat juga membentuk jiwa kewirausahaan,” katanya.

Saat pelatihan dilakukan juga penandatanganan komitmen para pemuda dalam membangun Kabupaten Sumedang. (rsi)

(penerbit: sumedangkab.go.id)