BUAHDUA - Pemerintah Desa Hariang, Kecamatan Buahdua menyalurkan bantuan ponsel pintar kepada kader Posyandu. Penyerahan dilakukan langsung oleh Camat Buahdua Tono Suhartono kepada perwakilan lima orang kader sebagai perwakilan setiap Posyandu di Desa Hariang, yakni Posyandu Simpay Wargi I, Simpay Wargi II, Simpay Wargi III, Simpay Wargi IV, dan Simpay Wargi V. "Ponsel ini sudah ada aplikasi e-Simpati (Sistem Informasi Pencegahan Stunting Terintegrasi). Dengan Simpati ini diharapkan dapat menjadi salah satu katalisator dalam pencegahan stunting di Kabupaten Sumedang," ujar Tono.

Selain dalam format aplikasi Android, lanjut Tono, juga tersedia dalam bentuk web dan massaging. Aplikasi ini, lanjut Tono, bisa digunakan, mulai dari kader posyandu untuk melakukan pencatatan berat dan tinggi badan anak. "Masyarakat umum juga bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk melakukan pengecekan status gizi anak," katanya.

Sebelumnya, Pemkab Sumedang mendapatkan bantuan 1.700 ponsel pintar dari Telkomsel untuk penanganan stunting di Kabupaten Sumedang. Pemberian ponsel pintar ini, kata Bupati, untuk mempermudah kader Posyandu di lapangan. "Dinkes bisa menganalisa dan memberikan rekomendasi dalam mengatasi stunting di tiap kecamatan dan desa. Ini upaya kami untuk mengakselerasi penurunan angka stunting di Sumedang," ujarnya. (gun)

(penerbit: sumedangkab.go.id)