Penulis : Pupuh S Wijaya | Editor : Deddi Rustandi

BEKASI - Kafilah Kabupaten Sumedang tampil sebagai peserta pertama Pawai Taaruf Pembukaan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-38 Tingkat Provinsi Jawa Barat di Meikarta Central Park Lippo, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Minggu (28/4/2024). Kafilah dipimpin Plh Sekda Tuti Ruswati yang juga Ketua LPTQ Kabupaten Sumedang menampilkan iring-iringan kesenian Kuda Renggong tampil percaya diri di hadapan tamu undangan dan para penonton yang memadati lokasi acara.

Begitu juga, para kafilah dari kabupaten dan kota lain yang mengikuti barisan Kafilah Sumedang tidak mau kalah menyemarakkan Pawai Ta'aruf dengan berbagai penampilan khas dari daerahnya masing masing. MTQ ke-38 Jabar dibuka secara resmi oleh Plh. Asda Pemerintahan Provinsi Jabar ditandai dengan pengibaran bendera LPTQ.

Pj. Bupati Sumedang Yudia Ramli yang turut hadir dalam kesempatan itu mengucapkan selamat berlomba kepada Kafilah Kabupaten Sumedang seraya berharap perwakilan Sumedang mampu tampil maksimal memberikan prestasi terbaik. "Selamat bermusabaqoh perwakilan Sumedang. Saya optimis kafilah kita bisa mendapat hasil terbaik," ucapnya.

Dikatakan Pj. Bupati, selain prestasi, hal yang tak kalah penting dari MTQ ini adalah sebagai bagian dari pengembangan syiar Islam di Jawa Barat, khususnya Kabupaten Sumedang. "Nilai sebuah MTQ bukan pada piala dan juara, tapi diharapkan menjadi pendorong semangat membentuk generasi yang berkarakter Qurani,” tandasnya.

Kafilah Sumedang terdiri dari 45 orang dengan mengikuti 17 cabang yang dipertandingkan. Cabang-cabang tersebut yakni murottal putra/putri, tilawah anak anak putra/putri, tilawah remaja putra/putri, tilawah dewasa putra/putri, qiro'at sab'ah mujawwad dewasa putra/putri, qiro'at sab'ah murotal remaja putri, qiro'ah sab'ah murotal dewasa putra, MHQ 1 juz dan tilawah putra/putri, MHQ 5 juz dan tilawah putra/putri, MHQ 10 juz putra/putri, MHQ 20 juz putra/putri, MHQ 30 juz putra/putri, tafsir Bahasa Indonesia putra, MFQ putra/putri, KTIQ putra/putri, MSQ putra/ putri dan MKQ naskah, serta hiasan, dekorasi, kontemperor putra/putri. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)