JATINUNGGAL - Pemerintah Kecamatan Jatinunggal berencana membangun galeri kerajinan dan oleh-oleh di akses jalan lingkar timur Jatigede, tepatnya betulan Cibala, Desa Sarimekar.

Camat Jatinunggal, Edi Wahyu menyebutkan, bangunan galeri nantinya akan dijadikan tempat promosi berbagai produk kerajinan dan produk oleh-oleh khas Jatinunggal. Produk kerajinan yang layak di promosikan banyak di produksi di sejumlah desa, antara lain kerajinan anyaman, kerajinan kayu dan lainnya.

Untuk oleh-oleh, biasanya berupa panganan seperti gula merah, opak gede, dan olahan hasil bumi lainnya. "Pembuatan galeri memang target kami. Nantinya akan menampung berbagi produk yang dihasilkan warga tapi layak jual," kata Edi, Kamis (23/7/2020).

Edi mengatakan, menyatakan, rencana pembangunan galeri digagas karena saat ini wilayah Jatinunggal merupakan perlintasan antar daerah. Adanya jalan lingkar timur Jatigede membuat wilayah Jatinunggal strategis. Dimana wilayahnya akan menjadi perlintasan dari Tasik menuju ke sejumlah wilayah di Sumedang timur. Juga menjadi perlintasan dari Majalengka ke Sumedang. "Makanya nanti, pendirian bangunan galeri juga akan dibangun di pertigaan perlintasan dari berbagai arah tepatnya di Cibala," katanya.

Saat ini wilayah Jatinunggal jadi akses perlintasan menuju sejumlah wisata di wilayah Jatigede. Setelah melakukan pengamatan, kata Edi, pada akhir pekan, ribuan kendaraan melintas ke wilayah Jatinunggal menuju tempat wisata di Jatigede.  "Inilah peluang dengan harapan si pengunjung ke tempat wisata bisa mampir dan membeli oleh-oleh. Nanti kami juga berdayakan Bumdes semua desa agar bisa kreatif mengelola galeri. Bahkan lebih jauhnya siapa tahu bisa bekerjasama dengan investor," kata Edi. (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)