Penulis:  Endan Dodi Kusnaedi| Editor: Vera Suciati 

DPPKBP3A - Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) memastikan kalau pelayanan KB kontrasepsi mantap (kontap) jenis MOP (Medis Operasi Pria) bakal bisa dilakukan di Sumedang.

Sementara itu, selama ini pihak DPPKBP3A Sumedang mengalami kesulitan bila akan melakukan pelayanan MOP karena harus melibatkan tim dari RS Salamun Bandung.

Kepala Bidang KB DPPKBP3A Kabupaten Sumedang, Dadan Mulyadan, mengatakan mulai bulan Juli 2024 di RSUD Sumedang rencananya akan ada dokter spesialis urologi.

"Dengan adanya dokter spesialis urologi maka pelayanan MOP juga bisa dilakukan dan kebetulan DPPKBP3A Sumedang sudah menjalin kerjasama dengan pihak RSUD Sumedang terkait pelayanan KB," jelas Dadan, Minggu, 16 Juni 2024.

Menurut Dadan, dengan akan adanya dokter urologi di RSUD Sumedang, pelayanan MOP juga akan lebih mudah lagi mengingat untuk tenaga medis maupun peralatam ada di Sumedang.

Sehingga harapannya tingkat kepersertaan pria dalam ber KB khususnya untuk MOP akan lebih banyak lagi.

"Sebenarnya selalu ada pria yang ingin ikut ber KB melalui MOP, namun kendalanya kesulitan di tenaga medis dan alat karena harus mendatangkan dokter urologi dari Bandung dan nanti ketika di RSUD Sumedang ada, maka kapan saja bila ada yang berminat ikut MOP bisa dilakukan," tandasnya. (*).

(penerbit: sumedangkab.go.id)