Penulis : Endan Dodi Kusnaedi | Editor : Deddi Rustandi

DPMD - Desa di Sumedang segera bertambah jumlahnya menyusul Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah menerbitkan kode register 3 desa persiapan yang sebelumnya telah diajukan Pemkab Sumedang.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumedang Dadang Rustandi mengatakan, kode register 3 desa persiapan telah diterima Rabu, 10 Juli 2024 lalu dalam suatu acara di Pemprov Jabar. "Adapun ketiga desa persiapan tersebut adalah Desa Galuh Pakuan Kecamatan Cimanggung dengan kode register 32110001, desa persiapan Pasirpadang Kecamatan Jatinunggal dengan kode register 32110002 dan desa persiapan Pananjung Kecamatan Tanjungsari dengan kode register 32110003," jelas Dadang Sabtu, 13 Juli 2024.

Dikatakan Dadang sebelumnya Pemkab Sumedang memang telah mengajukan pembentukan desa persiapan ke pihak Pemprov Jabar sehubungan dengan rencana pemekaran 3 desa yaitu Desa Cimanggung, Sarimaker dan Cinanjung. Setelah dilakukan eval_uasi dan verifikasi adminitrasi dokumen pemekaran desa dan hasil verifikasi lapangan calon desa persiapan oleh tim penataan desa Pemprov Jabar maka akhirnya ke 3 desa tersebut dinyatakan Layak untuk dimekarkan.

Dengan terbitnya kode register desa persiapan ini sebagai dasar untuk pengangkatan penjabat kepala desa persiapan dari unsur PNS. "Dengan telah terbitnya kode register desa persiapan ini maka langkah awal yang akan dilakukan Pemkab Sumedang saat ini adalah mengangkat penjabat kepala desa persiapan di tiga desa tersebut," tandasnya. (*)

(penerbit: sumedangkab.go.id)