DISPARBUDPORA - Kejuaraan paralayang tingkat nasional bertajuk Sumedang Paragliding Championsip (SPC) 2021 digelar pada tanggal 3-5 September 2021. Kejuaraan paralayang tingkat nasional ini bakal digelar di 2 tempat, yakni Bukit Toga Desa Sukajaya Kecamatan Sumedang Utara, dan Bukit Gracia Skyline, Jayapura Papua. Kejuaraan digelar secara online dan offline, yaitu setiap lokasi tetap mengadakan lomba secara fisik, namun dengan pembatasan jumlah peserta. Sedangkan online, lanjut Asep, adalah cara penilaian lomba, yang akan dikompilasi dari 2 lokasi menjadi hasil kejuaraan SPC 2021.  Jenis lomba yang akan digelar adalah nomor ketepatan mendarat (KTM)/accuracy. Sementara nomor yang akan dilombakan KTM kategori perorangan putra senior, KTM perorangan putri senior, KTM perorangan putra junior, KTM perorangan putri junior. Kemudian KTM perorangan TNI/Polri putra, KTM perorangan TNI/Polri putri, dan festival kategori tandem

Sekretaris Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sumedang, Asep Rahmat Hidayat mengatakan, SPC ini merupakan kerjasama antara Pemkab Sumedang dengan PB Federasi Aero Sport Indonesia (FASI).

"Yang jelas akan dijalankan dengan protokol sangat ketat, tidak ada penonton di lokasi. Masyarakat akan diarahkan menonton secara online melalui chanel Youtube," ujarnya.

Asep juga menegaskan, semua atlet dan ofisial yang akan mengikuti event ini wajib sudah menjalani 2 kali vaksinasi.
"Sumedang sendiri ada empat atlet dan sedang berlatih untuk PON di Papua, tapi yang satu tidak bisa ikut karena belum divaksin," katanya.

Ketua FASI Sumedang, Rahmat Juliadi mengatakan, akan ada 250 atlet yang mengikuti event ini, 150 atlet akan bertanding di Sumedang, sementara sisanya di Papua.
"Mereka yang di Papua adalah atlet nasional yang bertanding di PON," ujarnya.(agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)