SUMEDANG - Senin, (01/11/2021). Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang menerima kunjungan Tim Penilai Kompetisi Inovasi Jawa Barat (KIJB), bertempat di Gedung Negara Kabupaten Sumedang. 

Kunjungan tersebut disambut langsung oleh Bupati didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang sekaligus dihadiri oleh para Kepala OPD dan Camat di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang.

Dalam sambutannya, Bupati Sumedang (Dr. H. Dony Ahmad Munir, ST., MM) mengucapkan selamat datang kepada Tim KIJB di Pemerintahan Kabupaten Sumedang. "Kehadiran Tim KIJB merupakan suatu motivasi untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat melalui inovasi-inovasi yang kami lakukan," ungkapnya.

Dony juga mengatakan bahwa dalam tujuan bernegara Pemkab Sumedang mempunyai visi yaitu Sumedang Simpati "Sejahtera, Agamis, Maju, Profesional, Kreatif", dan untuk mewujudkan visi yang ke 4 yaitu profesional aparaturnya dalam arti menata birokrasi reformasi yang responsif dan bertanggung jawab secara profesional memberikan pelayanan kepada masyarakat dan kebijakan SPBE yang akan mempermudah dan mempercepat pelayanan kepada masyarakat. 

"Dengan adanya SPBE ini, banyak Inovasi-inovasi yang ada di Kabupaten Sumedang, dari awal saya menjabat sebagai Bupati Sumedang yaitu 1 SKPD 1 Inovasi tapi sekarang 1 Unit Kerja 1 Inovasi dan Pemkab mempunyai sistem yang mengkomplikasi inovasi yaitu SIKOMPLIT "Sistem Informasi Kompilasi Inovasi Terintegrasi" dan tahun depan bisa 200 lebih inovasi serta membangun budaya inovasi menjadi ekosistem di setiap ASN," ujar Dony.

Bagi Pemerintah Kabupaten Sumedang, event KIJB ini bukan hanya agenda tahunan saja, tetapi KIJB merupakan momentum strategis untuk mendorong Discruptif Inovasi di Kabupaten Sumedang.

Kepala Bagian Tata Laksana pada Biro Organisasi Sekertariat Provinsi Jawa Barat (Heni Rahmawati) mengatakan, dengan adanya KIJB yang dilaksanakan pada tahun 2018 sebagai upaya untuk bisa melihat inovasi-inovasi yang dilakukan oleh Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Barat, Tim KIJB mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Sumedang karena memiliki paling banyak inovasi sebanyak 36 inovasi yang masuk di tahun 2021 dan Tim KIJB juga akan menunggu 200 inovasi di Kabupaten Sumedang karena dengan inovasi bagaimana keberadaan pemerintah dirasakan oleh masyarakat, bagaimana pelayanan publik lebih meningkat dan upaya untuk mensejahterakan masyarakat. Pada saat pelaksanaan survei observasi secara teknis akan melakukan tanya jawab kemudian apabila diperlukan nanti akan dilakukan observasi lapangan dan untuk Kabupaten Sumedang mempunyai 2 Inovasi yang masuk ke Top 45 besar yaitu e-office dan SIPEDO.

Tim KIJB juga mengucapkan selamat kepada Kabupaten Sumedang, semoga bisa terus berkarya dan meningkatkan inovasi yang terbaik.

Tidak hanya itu, pada kesempatan ini pun diluncurkan Aplikasi Simpati Academic. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan Reforn Corner "Transformasi ASN menuju Worldclass Government di Pemkab Sumedang" dengan pembicara Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat (Dr. Ir. Setiawan Wangsaatmaja, Dipl., S.E., M.Eng.). (diskominfosanditik)

(penerbit: sumedangkab.go.id)