Penulis : Pupuh S Wijaya | Editor : Deddi Rustandi

DISDIK - Panitia lomba cipta Lagu Mars Sumedang sedang menyeleksi lagu mars yang masuk. Satu dari karya 5 finalis yang terpilih,  nantinya diaransemen ulang dan disesuaikan. Rencananya bulan Agustus mendatang lagu Mars ini bisa di luncurkan.

Kepala Dinas Pendidikan Dian Sukmara mengatakan, lomba Cipta Lagu Mars ini tercetus dari ide Pj Bupati Yudia Ramli ketika melaksanakan pertemuan dengan jajaran guru beberapa waktu yang lalu di Gedung KGS. "Ini tugas dari Pj Bupati Sumedang untuk  melahirkan sebuah karya tentang Sumedang. Karena sampai dengan hari ini Sumedang belum punya mars jadi kami berkumpul bersama teman teman guru melaksanakan lomba ini," ujarnya.

Ia menjelaskan, prosedur penilaian lomba ini dilakukan dengan cara mengirimkan karya dari masing masing peserta melalui video yang dikirimkan kepada panitia. Kriteria penilaian lombanya sendiri, terdiri dari beberapa aspek dengan mengutamakan keaslian karya peserta. "Kriteria penilaiannya ada beberapa aspek, mulai dari orisinalitas, kesesuaian tema, musikalisasi dan kesesuaian Irama dengan nada,"ujarnya.

Babak Final dilaksanakan  di Sumedang Creative Center (SCC) dan dinilai langsung oleh Pj. Bupati Sumedang, Yudia Ramli, Jumat, (20/6/2024).  Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli sebagai salah satu juri lomba tersebut turut menyampaikan apresiasi kepada panitia dan para finalis. "Diharapkan pada bulan Agustus nanti lagu ini bisa dinyanyikan untuk bisa membakar semangat seluruh elemen masyarakat, "katanya. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)