Penulis : Agun Gunawan | Editor : Deddi Rustandi

SUKAJAYA -  Kawasan kebun di Dusun Babakan Gunung Gadung, Desa Sukajaya, Kecamatan Sumedang Selatan ditanami pohon buah-buahan dan jagung. Penanaman Pohon dan Ketahanan Pangan ini rangkaian peringatah HUT ke-78 Bhayangkara yang digelar Polres Sumedang bekerja sama dengan Pemda Kabupaten Sumedang. "Kegiatan ini merupakan bentuk sinergitas Pemda bersama Polri dan TNI, dalam ikut mendukung program ketahanan pangan," kata Plt Sekdis Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sumedang Raden Dadi Djuandi.

Kapolres Sumedang AKBP Joko Dwi Harsono mengatakan, dalam kegiatan itu ditanam sebanyak 250 bibit pohon jenis buah-buahan. Selain penanaman pohon, kegiatan juga diisi dengan bakti sosial pemberian sembako bagi masyarakat sekitar, pupuk bagi kelompok tani, serta beasiswa bagi sejumlah siswa SD. "Kami bersinergi dengan pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sumedang melakukan penanaman 250 pohon, ada pohon manggis, mangga, rambutan, jagung dan buah lainnya," ujarnya.

Pohon-pohon tersebut nantinya ditanam di lahan-lahan milik warga serta tanah kas desa seluas 2 hektare. Kegiatan ini dapat menjadi stimulan bagi masyarakat untuk memiliki daya cegah, saya tangkal, saya kompetitif, dan berkembang di berbagai sektor masyarakat. "Ada dua hektare lahan yang ditanami jagung dan pohon. Mudah-mudahan apa yang kami lakukan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat karena ini juga merupakan program ketahanan pangan," ujarnya. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)