SETDA - Yayasan Masyarakat Indonesia Emas (YMIE) berjasama dengan Diskoperindag Sumedang melatihdan mendidik 60 orang generasi muda Sumedang pelaku UMKM atau yang memiliki semangat wirausaha melalui program UMKM Milenial Sumedang Naik Kelas.  Pembukaan kegiatan dilakukan Sekda Herman Suryatman di Aula Tampomas, Kantor Pemkab Sumedang, Rabu (27/10/2021).

Ketua pelaksana kegiatan dr Hanindito, atau Dito, mengatakan 60 peserta merupakan hasil seleksi dari sekitar 300 peserta yang mendapftar.

"Banyak juga peserta yang mendaftar, namun karena kuota terbatas untuk 60 orang saja, maka dilakukan seleksi dan tentunya 60 orang ini merupakan orang orang pilihan," kata Dito.

Dito menjelaskan peserta ini nantinya akan mendapatkan pelatihan sekitar 1 bulan dan setelah itu kan mendaparkan bimbingan selama kurang lebih 3 bulan sebelum akhirnya dilepas untuk menjadi pelaku UMKM yang sukses. Peserta  umumnya berusia antara 19 hingga 35 tahun dan mereka semua memiliki semangat wirausaha.

Lebih lanjut dikatakan Dito, yang membedakan program ini dengan yang lain adalah bukan sekedar pelatihan, tapi program inkubasi secara langsung menciptakan kelompok usaha dan dan prodak usaha agar bisa bersaing di tingkat global.

Sementara itu Sekda Herman Suryatman saat membuka acara mengatakan kalau kegiatan ini menjadi suatu peluang bagi kaula muda Sumedang yang memiliki semangat wirausaha untuk menjadi pelaku UMKM yang sukses.

"Tolong manfaafkan kegiatan ini dengam sebaik baiknya dan yakinkan dipikiran peserta harus sukses sehingga suskes menjadi UMKM milenial," tandas Sekda. (edk).

(penerbit: sumedangkab.go.id)