Penulis : Pupuh S Wijaya | Editor : Deddi Rustandi

ALUN-ALUN - Layanan administrasi kependudukan (Adminduk) digelar di Car Free Day ( CFD) kawasan Alun alun Sumedang, Minggu (14/7/2024). Keberadaan layanan  Adminduk  untuk memudahkan masyarakat mengakses berbagai layanan administrasi kependudukan tanpa harus mengganggu kesibukan mereka sehari-hari.

Dalam acara CFD yang diadakan di sepanjang jalan Prabu Geusan Ulun mulai dari Bundaran Binokasih sampai dengan perempatan Kejaksaan Negeri warga dapat mengurus berbagai dokumen kependudukan. Kehadiran layanan kependudukan di CFD mendapat sambutan positif dari masyarakat yang mengunjungi acara tersebut. Mereka menyambut baik inisiatif Pemda dalam membawa pelayanan publik lebih dekat ke tengah-tengah masyarakat.

"Dalam kegiatan CFD ini kami menyelenggarakan pelayanan Dukcapil seperti perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik, penerbitan KIA, akta kelahiran, akta kematian dan aktivasi IKD,"ujar Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kabupaten Sumedang Gingin Erma Hidayat.

Para petugas pelayanan kependudukan turut memberikan informasi terkait prosedur administrasi yang dibutuhkan serta membantu masyarakat dalam proses pengurusan dokumen. "Dengan adanya layanan kependudukan di CFD ini, kami berharap masyarakat terbantu dalam mengurus dokumen kependudukan mereka,"ujarnya.

Diharapkan tingkat kepatuhan administrasi kependudukan di Kabupaten Sumedang dapat meningkat dan masyarakat semakin aware akan pentingnya dokumen identitas yang valid. "Bagi warga Sumedang bisa datang langsung ke lokasi CFD di depan MPP Sumedang. Kegiatan pelayanan ini akan berlangsung selama kegiatan CFD," katanya. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)