Penulis : Agun Gunawan | Editor: Vera Suciati 

DISDIK - Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang, Eka Ganjar Kurniawan, mengatakan sedikitnya ada lima kebijakan bidang pendidikan yang harus segera dikerjakan demi meningkatkan SDM menuju Indonesia Emas.

Kebijakan pertama adalah bagaimana meningkatkan literasi numerasi dan karakter. Kemudian yang kedua adalah bagaimana bisa meningkatkan SDM lewat peran guru penggerak.

"Maka mulai tahun 2025 kebijakan untuk guru penggerak menjadi kewenangan kabupaten/kota untuk bisa menggerakkan pelatihan pendidikan guru penggerak," kata Eka, Rabu, 24 April 2024.

Kemudian kebijakan ketiga, yaitu bagaimana meningkatkan aksesibilitas pendidikan atau. Dalam arti pemerataan di setiap sekolah bisa memberikan pemenuhan terhadap standar pelayanan di pendidikan. 

"Keempat, agar pelaksanaan pendidikan betul-betul menerapkan good governance," ujarnya.

Selain itu kebijakan yang kelima yang menurutnya dirasa penting bagi kami keluarga besar Dinas Pendidikan sekaligus menjadi tantangan ke depan yaitu bagaimana mewujudkan pendidikan berbasis inklusif.

"Ini kata Pak Pj Bupati harus ada tindak lanjut bagaimana pelaksanaan pendidikan kabupaten Sumedang betul-betul menerima semua warga masyarakat yaitu kebijakan pendidikan inklusif. Jadi bagaimana nanti masyarakat yang berkebutuhan khusus harus bisa diterima sehingga kami harus menyiapkan skema dan metode supaya pendidikan betul-betul menjadi menyentuh semua warga masyarakat Sumedang," imbuhnya.(*)

(penerbit: sumedangkab.go.id)