DPMD - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumedang batal menggelar lomba Desa tingkat Kabupaten pada tahun 2021. Seyogya lomba desa tingkat Kabupaten ini akan dimulai pada bulan April ini.

Kasie Bina Administrasi Desa DPMD Kabupaten Sumedang Harun mengatakan, DPMD meminta permohonan maaf kepada pihak desa yang telah mempersiapkan diri untuk mengikuti lomba ini. "Sebenarnya kami telah membuat skedul untuk lomba desa tingkat kabupaten yang akan dimulai April ini, namun tiba tiba anggaran untuk lomba desa ini terkena recofusing sehingga tak bisa menyelenggarakan lomba desa tingkat Kabupaten," jelas Harun Senin (5/4/2021).

Ditambahkan Harus padahal sebelumnya pihak DPMD telah menyebar surat pemberitahuan ke setiap kecamatan berkaitan dengan lomba desa tahun 2021 ini sebagaimana surat dari Kemendagri. Selain terkait anggaran lanjut Harun pertimbangan lainnya lomba desa batal digelar karena situasi pandemi covid 19 yang saat ini masih melanda. "Di satu sisi lomba desa harus gebyar, namun disisi lain situasinya tidak memungkinkan untuk saat ini," kata Harun.

Dijelaskan Harun untuk tingkat Kecamatan sendiri lomba desa telah selesai, karena mereka mengelarnya sekitar bulan Februari-an dan juara juaranya telah ada. Namun demikian juara juara tersebut tidak bisa berlanjut ke tingkat Kabupaten. Dengan demikian untuk lomba desa tingkat Provunsi juga dipastikan Sumedang tidak akan mengirimkan perwakilannya karena tidak ada juara tingkat Kabupaten. (edk)

(penerbit: sumedangkab.go.id)