Penulis : Agun Gunawan | Editor: Vera Suciati 

SITURAJA - Sebanyak seribu siswa mengikuti Lomba Linta Alam (LLA) ke XXI Penggalang dan Penegak se Pulau Jawa, yang digelar di SMA Negeri Situraja, Sabtu (19/10/2024). Lomba ini berema 'Membangun Semangat Kebersamaan dan Cinta Lingkungan diera Digital Disertai Nilai Kebudayaan'.

"Alasan kami memasukan budaya dalam tema LLA ini adalah ingin mengajak khususnya para peserta agar ikut melestarikan budaya ditengah perkembangan zaman saat ini, lebih cinta terhadap budaya sendiri," kata panitia LLA XXI, M. Daffa Syaibaan.

Kepala SMA Negeri Situraja , wan Kartiwa, mengatakan LLA baru bisa digelar kembali tahun ini, setelah terhenti selama 3 tahun karena pandemi covid-19. 

"Alhamdulillah LLA bisa kembali digelar. Tahun-tahun sebelumnya sempat terhenti karena covid. Tahun ini diikuti oleh tingkat penggalang dan penegak dari 188 sangga," katanya.

Menurut Iwa, LLA digelar sebagai ajang silaturahmi. Selain itu juga untuk menguji kesiapan mental, fisik, dan keterampilan dalam kepramukaan.

"Melalui kegiatan LLA ini kami juga ingin mereduksi kegiatan yang kurang baik, terutama penggunaan gadget. Dengan kegiatan di alam terbuka anak-anak bisa lebih sehat," tuturnya.(*)

(penerbit: sumedangkab.go.id)