MEKARJAYA - Pemerintah Desa Mekarjaya, Kecamatan Sumedang Utara kini terus melakukan penataan terhadap keberadaan Situs Batarai yang menjadi salah satu destinaai wisata di desa tersebut. Salah satu penataan yang baru saja selesaikan dilaksanakan adalah pembangunan Gapura masuk ke situs tersebut. Gapura yang berdiri megah ini menjadi jalan masuk ke situs sebelum pengunjung melewati tangga yang jumlahnya mencapai 114 anak tangga.

Kaur Perencanaan Desa Mekarjaya Apit mengatakan untuk pembangunan gapura tersebut, pihaknya mengalokasikan dana sekitar Rp 50 juta yang berasal dari dana desa (DD) tahun 2019.  "Alhamdulilah pembangunan gapura telah selesai dan diharapkan dapat menjadi salah satu daya tarik bagi pengunjung Situs Batarai," jelas Apit Kamis (27/2/2020).

Dijelaskan Apit sejak dibuka sekitar dua tahun yang lalu, pihak Pemerintah Desa Mekarjaya memang terus melakukan penataan Situs Batarai. Selain akses jalan lanjut Apit pihaknya juga telah membangun gazebo serta toilet dan perataan lahan di sekitar Situs.  "Penataan akan kita teruskan setahap demi setahap disesuaikan dengan anggaran yang ada," katanya.

Ada sekitar tiga hektare lahan dengan status tanah kas desa yang akan dikembangkan di sekitar Situs Batarai ini. Sudah banyak pengunjung yang sengaja datang ke Situs Batarai, terutama di saat hari libur untuk menikmati pemandangan dari ketinggian Situs tersebut.

Bahkan lanjut Apit tak jarang pula kawasan Situs Batarai ini dijadukan tempat camping oleh beberapa sekolah diakhir pekan. Untuk menjadikan Situs Batarai sebagai destinasi Wisata di Desa Mekarjaya memamg memerlukan penanganan yang serius, namun demikian saat ini pihaknya masih terbentur pada masalah dana.

"Terus terang selama ini untuk penataan Situs Batarai ini mengandalkan DD, sementara DD terbatas dan untuk tahun 2020 ini alokasi DD ke situs Batarai kosong, karena lebih memprioritaskan pada pengentasan kemiskinan, untuk itulah kami sangat mengharapkan sekali adanya investor yang mau mengembangkan keberadaan Situs Batarai ini sehingga harapan menjadi destinasi wisata desa segera terwujud," katanya. (end)

(penerbit: sumedangkab.go.id)