SUMEDANGKAB.GO.ID, SITURAJA-Pemerintah Kecamatan Situraja siap menata di seputaran kawasan Bendung Rengrang tepatnya di Desa Malaka.
Keberadaan Bendung Rengrang berpotensi untuk membangun ekonomi masyarakat sekitar Desa Malaka dan Desa Pamulihan.
Camat Situraja, Sutisna menyebutkan, upaya mendorong ekonomi warga di kawasan Bendung Rengrang, pemerintah kecamatan akan memanfaatkan potensi yang bisa dikemas menjadi peluang ekonomi di kawasan bendung tersebut.
"Untuk mempromosikan kawasan Bendung Rengrang kita akan konsep berbagai ide agar bisa menjadi peluang usaha warga," kata camat, Rabu (23/9/2020).
Dengan mengonsep peluang usaha kata camat, bisa menambah PAD, sehingga berdampak pada perekonomian warga setempat.
"Meski fungsi utamanya untuk perairan di daerah lain, sebab ini kompensasi dari pembangunan Bendungan Jatigede, tapi kita bisa kelola di bidang wisatanya, seperti wisata mancing dan lainnya," ujarnya.
Pengelolaan Bendung Rengrang akan dilakukan Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang. Namun ia berharap untuk pelakunya adalah warga sekitar.
Untuk itu, pihaknya juga akan berupaya membangun SDM warga sekitar dulu.
Sebelumnya, kata Sutisna, dampak pembangunan Bendung Rengrang bisa langsung dirasakan masyarakat sekitar. Ia menggambarkan, sebelum ada Bendung Rengrang, tidak ada pasokan listrik di daerah tersebut, namun kini listrik sudah masuk, dan masyarakat sekitar bisa menikmati listrik. ***(nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)