Penulis : Agun Gunawan | Editor : Deddi Rustandi

KAREDOK - Desa Karedok, Kecamatan Jatigede kini sudah bisa masuk mobil.  Jalan akses menuju Desa Karedok kini bisa dilalui kendaraan roda 4, melalui jalan Dusun Cicau Desa Pajagan Kecamatan Cisitu. Desa Karedok berada di kaki Gunung Pareugreug yang dikelilingi Sungai Cimanuk sehingga mobil tak bisa masuk karena jalan menuju Karedok harus melalui jembatan gantung. "Alhamdulillah sejak tahun kemarin mobil sudah bisa langsung masuk ke Karedok, karena jalan akses dari Cicau sudah bisa mobil lewat," kata Kepala Desa Karedok, Waluyo, Kamis (29/8/202).

Sebelumnya Desa Karedok yang berada terletak di dataran rendah tersebut hanya bisa diakses kendaraan roda 2, itu pun melalui jembatan gantung. Namun Pemkab Sumedang secara bertahap membuka akses jalan Cicau-Karedok sejak 2021, sehingga kendaraan roda 4 atau lebih bisa keluar masuk ke Karedok. "Sekarang ke Sumedang kota bisa setengah jam lewat Cicau. Dulu lewat sana hanya bisa pakai motor gunung," ujarnya.

Waluyo pun bersyukur Desa Karedok kini tidak terisolir lagi, sehingga memudahkan transportasi warga keluar maupun masuk ke Karedok. "Sekarang kalau ada yang sakit mau ke rumah sakit bisa langsung pakai mobil. Jembatan gantung yang baru juga bisa dilewati mobil kecil, tapi memang lebarnya pas-pasan. Jadi tentunya kami senang sekarang Karedok lebih mudah dijangkau," katanya. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)