SUMEDANGKAB.GO.ID, KOTA - 
Pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Jawa Barat akhirnya resmi digelar tahun 2020 ini yaitu tepatnya 3 September sampai 11 September 2020 di Kabupaten Subang.
Sebelumnya Pemerintah Provinsi Jawa Barat sempat menunda pelaksanaam MTQ yang direncanakan bulan April lalu akibat pandemi. 
Kasubag Agama Pendidikan Kebudayaan dan Kesehatan (APKK) Bagian Kesra Setda Sumedang H Saeful Amin ketika dikonfirmasi membenarkan jika pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi di gelar 3 - 11 September 2020.
"Memang benar sudah ada keputusan dari pihak Provinsi terkait pelaksanaan MTQ Tingkat Provinsi tersebut, sebelumnya kami juga menunggu informasi yang pasti dan sekarang sudah final" jelas Saeful Amin, Kamis (27/8/2020).
Namun, karena masih dalam situasi pandemi, untuk pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi tahun ini terbatas seperti misalnya MTQ tingkat Provinsi tahun ini dipastikan tidak akan ada pawai taaruf, tak ada penampilan kesenian daerah, selain itu undangan untuk pembukaan juga terbatas yaitu hanya bupati, Ketua LPTQ dan Kepala Kemenag Kabupaten.
Sementara itu, Sekretaris LPTQ Kabupaten Sumedang Zenal Mutaqin mengatakan dalam ajang MTQ tingkat provinsi ini, Kabupaten Sumedang akan mengirimkan 35 peserta. 
"Para Qori dan Qoriah Kabupaten Sumedang ini akan tampil dalam beberapa nomor yang dipertandingan antaralain cabang Tilawah, MHQ, Tafsir Bahasa Arab dan Indonesia, MSQ, MFQ dan Mukolah (musabaqoh menulis makalah Al Quran," katanya. 
Untuk MTQ tingkat Provinsi ini para kafilah Sumedang telah melaksanakan berbagai persiapan diantaranya pembinaan yang dilakukan dua tahap dan juga pengukuhan kontingen oleh Bupati. ***(end)

(penerbit: sumedangkab.go.id)