Penulis : Agun Gunawan | Editor :Deddi Rustandi

BPBD - Selama libur lebaran, destinasi wisata tak luput dari pengawasan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang. Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana pada BPBD Kabupaten Sumedang, Adang menyebut, pihaknya melakukan pemantauan langsung ke tempat-tempat wisata. Pemantauan yang dilakukan semata-mata untuk memastikan keselamatan para wisatawan dari ancaman bencana. "Pada musim libur lebaran seperti ini, hampir semua tempat wisata di Sumedang pasti ramai dikunjungi para wisatawan. Untuk itu, kami perlu memastikan keselamatan mereka, makanya kami pantau terus sampai berakhirnya cuti bersama lebaran,” kata Adang, Selasa (16/4/2024).

Disampaikan, berdasarkan hasil pemantauan yang telah dilakukan sejak H-3 lebaran, secara umum situasi objek wisata terpantau aman. Bahkan para pengelola objek wisata sendiri telah menyiapkan langkah-langkah untuk mitigasi bencana, diantaranya dengan menyiapkan tim khusus di titik-titik rawan bencana. "Hasil pantauan kami di lapangan, Alhamdulillah aman. Para pengelola wisata juga, telah melakukan upaya mitigasi bencana," ujarnya.

Meski demikian kata Adang, mengingat objek wisata di wilayah Kabupaten Sumedang sebagian besar terletak di di sekitar area tebing dan sungai, maka BPBD Kabupaten Sumedang akan terus bersiaga untuk mengoptimalkan pengawasan. "Perlu disampaikan pula bahwa pada musim hujan seperti ini, sebagai daerah yang rawan bencana, masyarakat di wilayah Kabupaten Sumedang tentu harus tetap meningkatkan kesiapsiagaan. Karena sesuai informasi dari BMKG, saat ini sudah memasuki masa peralihan dari musim hujan ke musim kemarau, sehingga masih berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di beberapa lokasi sehingga harus diwaspadai bersama," katanya. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)