Penulis : Puji Marliyana | Editor : Deddi Rustandi

TANJUNGSARI - Pj. Bupati Sumedang Yudia Ramli didampingi Ketua TP PKK  Sumedang Yeyet Nurhayati membuka kegiatan Verifikasi Awal Program Peningkatan Peran Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) di Desa Kutamandiri, Kecamatan Tanjungsari, Rabu (8/5/2024).

Yudia mengatakan, program P2WKSS merupakan salah satu program yang bertujuan untuk meningkatkan peran dan partisipasi wanita dalam pembangunan. Mengembangkan kualitas sumber daya manusia dan sumber daya alam serta lingkungan untuk mewujudkan keluarga sehat sejahtera dan bahagia. “Wanita sebagai motor penggeraknya. Pemda Sumedang berkomitmen menjadikan P2WKSS sebagai program prioritas untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia," ujarnya.

Yudia berharap agar seluruh SKPD, Tim Penggerak PKK dan semua pihak yang terlibat dapat ikut ambil bagian dalam pelaksanaan program terpadu P2WKSS baik pada aspek perencanaan maupun pelaksanaan di lapangan. "Program terpadu P2WKSS ini melibatkan berbagai SKPD, organisasi masyarakat dan lembaga swadaya masyarakat, hal ini demi meningkatkan daya dan hasil guna kegiatan lintas sektoral ini," kata Yudia.

Saat ini Pemda Sumedang terus bertransformasi menjadi pemerintah berkelas dunia. Pembangunan di segala sektor dilaksanakan secara akseleratif dalam upaya mewujudkan masyarakat yang sejahtera dalam bingkai Visi Sumedang Sehati. "Maka untuk mencapai hasil yang diharapkan, P2WKSS ini tidak bisa dilakukan dengan cara-cara yang biasa, namun harus dilakukan dengan cara-cara yang berbeda yaitu dengan melalui inovasi," imbuhnya.

Yudia berharap program P2WKSS tersebut bisa terlaksana bukan hanya di lokasi pilot project yang diusulkan ke tingkat provinsi saja tetapi dapat dijalankan di seluruh desa/kelurahan. "Karena melalui program P2WKSS semua unsur pentahelix berkolaborasi, berintegrasi dan bersinkronisasi mempercepat tercapainya masyarakat yang sehat sejahtera melalui peranan wanita," terangnya.

Sementara itu, Kadis DPPKBP3A Kabupaten Sumedang Ani Gestaviani mengatakan Desa Kutamandiri, Kecamatan Tanjungsari terpilih menjadi pilot project Provinsi Jawa Barat Tahun 2024 dengan latar belakang masalah. Salah satunya masih cukup tingginya keluarga miskin yang didominasi oleh kaum perempuan. "Tujuan dari P2WKSS adalah mewujudkan dan mengembangkan keluarga sehat, sejahtera, serta meningkatkan kedudukan, peran, kemampuan, ketahanan mental, dan spiritual kaum perempuan," tuturnya.

Pada kesempatan tersebut Pj. Bupati beserta Ketua TP. PKK memberikan bantuan bagi 100 orang rumah tangga miskin sesuai hasil verifikasi validasi kemiskinan. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)