Padat KarCIBEUREUM KULON - Pemerintah Desa Cibeureum Kulon Kecamatan Cimalaka merehabilitasi Gedung Posyandu Gemilang 5. Rehab posyandu ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan kualitas sarana prasarana kesehatan, dan untuk menunjang kegiatan posyandu.

Kepala Desa Cibeureum Kulon, Gun Gun Turganda menyebutkan, untuk rehab posyandu yang berada di Dusun Warungtoge ini diperkirakan bakal menghabiskan anggaran lebih dari Rp 179 juta. Anggaran tersebut bersumber dari Dana Desa, yang telah dialokasikan dalam APBDes tahun 2021.

"Pelaksanaan pengerjaannya dilakukan secara swakelola melibatkan masyarakat setempat dengan menggunakan sistem Padat Karya," ujarnya, Rabu (1/9/2021).

Ia menjelaskan, sistem Padat Karya dipilih dengan tujuan membuka lapangan kerja bagi masyarakat. Sebab, dengan Padat Karya akan lebih banyak memanfaatkan tenaga manusia ketimbang mesin.

Menurutnya, rehab gedung posyandu ini merupakan kebutuhan mendesak, sehingga menjadi program prioritas yang harus segera direalisasikan. Sebab, selama ini kegiatan posyandu seperti penimbangan, pemberian makan tambahan untuk balita, dan pemeriksaan ibu hamil serta menyusui, dilakukan di balai musyawarah RW.

"Gedung Posyandu 5 ini akan didesain semaksimal mungkin karena akan dijadikan posyandu percontohan di Desa Cibeureum Kulon, karena letaknya yang sangat strategis berada di sekitar komplek Alun-Alun Desa," ucapnya.(agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)