RANCAKALONG - Para petani di sejumlah daerah di Kabupaten Sumedang saat ini sudah mulai panen padi setelah lebih dari tiga bulan mereka menanti. Datangnya waktu panen disambut gembira, apalagi panen perdana dimusim tanam tahun 2021 hasilnya cukup baik.

Engkus (53) salah seorang petani asal Rancakalong mengaku bahagia di bulan ramadan ini bisa panen sehingga memiliki bekal untuk idul fitri.

"Untuk menghidupi kebutuhan sehari hari, sebagian besar saya mengandalkan hasil tani padi, jadi alhamdulilah bisa panen di bulan ramadan ini," kata Engkus, Senin (26/4/2021).

Bukan hanya di Rancakalong, petani lainnya juga pada bulan ini banyak pula yang telah menuai hasil seperti di Kecamatan Sumedang Utara wilayah Desa Jatimulya dan Mekarjaya. Bahkan tak sedikit dari mereka yang telah mulai menggarap lagi areal sawahnya mungpung perseduan air masih mencukupi.

"Satu minggu setelah panen, saya langsung tanam lagi mungpung air masih besar, karena kalau dilama lama khawtrir air akan berkurang," jelas Omo (58), salah seorang petani Mekarjaya.

Ditambahkannya hasil panen sebagian di jual untuk modal lagi dan sebagian disimpan untuk kebutuhan hidup sehari hari. (edk)

(penerbit: sumedangkab.go.id)