Penulis : Agun Gunawan | Editor: Vera Suciati 

RSUD - Gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,2 yang mengguncang Garut, pada Sabtu menjelang dini hari tadi, dirasakan cukup kuat juga di wilayah Sumedang. Salah satu objek vital yang merasakan guncangan gempa tersebut adalah RSUD Sumedang.

Pascagempa, Plh. Sekda Sumedang, Tuti Ruswati langsung meninjau situasi dan kondisi di RSUD Sumedang. Ia memastikan situasi kondisi di RSUD aman.

"Dapat saya laporkan dari RSUD Sumedang bahwa pascagempa kondisi aman, tidak ada korban luka maupun korban jiwa," kata Plh Sekda Tuti, didampingi Kapolres AKBP Joko Dwi Harsono.

Namun untuk mengantisipasi gempa susulan, puluhan pasien dari lantai 4 sampai 8, serta pasien IGD dievakuasi sementara ke luar rumah sakit.

"Tadi saya juga melihat kerusakan pascagempa episentrum Garut ini, memang ada tambahan retakan tetapi tampaknya tidak terlalu berarti, tetapi pasien tetap meminta dievakuasi," ujarnya. 

Oleh karena itu kata Plh Sekda Tuti, setelah berkoordinasi dengan Forkopimda serta BPBD dan BNPB, didirikan 2 buah tenda darurat di halaman rumah sakit.

"Nanti kami lihat lagi laporan dari BNPB, bagaimana kelayakan gedung rumah sakit ini," ucapnya.

Namun setelah situasi kondisi dirasa aman, semua pasien bisa kembali masuk ke ruangan sekira pukul 4.30 WIB.(*)

(penerbit: sumedangkab.go.id)