Penulis : Pupuh S Wijaya | Editor : Deddi Rustandi

DARMARAJA - Pemerintah Kecamatan Darmaraja membuat program unggulan untuk menghapuskan kemiskinan ekstrem di wilayahnya. Program tersebut adalah Peduli Darmaraja (Pedar) dan Darmaraja Lima Ribu (Dalima). "Program Pedar sudah berhasil memperbaiki tujuh rumah tidak layak huni. Kami juga berikan bantuan modal secara tunai sesuai dengan kebutuhan mereka. Untuk program Dalima, kita lebih fokuskan untuk membantu anak anak yatim. Ada enam anak yang sudah kita bantu biaya pendidikannya," kata Camat Darmaraja Widodo di hadapan Pj Bupati Sumedang, Selasa (23/7/2024).

Dikatakannya, kedua program tersebut dilaksanakan kolaboratif. "Bukan hanya melibatkan pemerintah setempat saja, tetapi melibatkan partisipasi aktif dari seluruh komponen masyarakat," ujarnya.

Ia mengharapkan, kedua program tersebut benar-benar dapat membantu keluarga miskin ekstrem di wilayah Kecamatan Darmaraja untuk keluar dari jerat kemiskinan. "Dari 62 KK miskin ekstrem, saat ini 25 KK miskin ekstrem yang sudah dihapuskan. Ini intervensi secara nyata melalui kedua program tadi. Harapannya Desember (2024) sisanya bisa kita tuntaskan sesuai dengan target," ujarnya.

Sementara itu, Pj. Bupati Sumedang, Yudia Ramli turut mengapresiasi atas kinerja Pemerintah Kecamatan Darmaraja, khususnya atas Pedar dan Dalima. Menurutnya, Kecamatan Darmaraja menunjukkan kinerja yang jelas dan terukur sehingga outcome dari program tersebut mengakselerasi terhadap indikator makro pembangunan. "Mudah-mudahan contoh baik ini bisa diikuti juga oleh kecamatan lain. Baik dalam penghapusan kemiskinan ektrem, penanganan stunting maupun dalam hal PBB," kataynya. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)