CIMALAKA - Kamis, (15/04/2021) Desa Cibeureum Kulon Kecamatan Cimalaka Kab. Sumedang melaksanakan Pelantikan dan Pengukuhan TP-PKK Desa Cibeureum Kulon Periode Tahun 2021-2026 sekaligus Pembinaan Dasawisma bertempat di GOR Cibeureum Kulon Cimalaka. 
Turut hadir pada pelantikan tersebut, Camat Cimalaka, Kepala Desa Cibeureum Kulon beserta jajarannya, Ketua RT/RW Dusun Batu Saeur, Sukakaya, Babakan Pangkalan, Tokoh Masyarakat, dan tamu undangan lainnya.
 
Pada kesempatan tersebut, Kepala Desa Cibeureum Kulon (Gun Gun Turganda, S.H) menyampaikan, keberadaan kaum perempuan yang dinaungi dalam organisasi PKK memiliki peran strategis dalam upaya meningkatkan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga, serta membantu tugas-tugas pemerintah desa dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh, terkhusus untum perempuan dan anak-anak. Wujud peran strategis gerakan PKK dalam membantu tugas Pemerintah dapat terlihat dari beberapa program PKK yang sangat sinergi dan selaras dengan program-program Pemerintah diantaranya yakni upaya penanggulangan kemiskinan, upaya penanggulangan kelaparan, upaya memberikan pelayanan dasar, upaya penurunan angka kematian dan meningkatkan kesehatan ibu serta memerangi HIV/AIDS.
 
Dalam kesempatan ini Camat Cimalaka (Asep Aan Dahlan.,S Sos.,M.Si) mengucapkan selamat kepada para kader PKK yang telah dilantik pada hari ini, beliau berharap para Tim Penggerak PKK ini dapat bersinergi dengan Pemerintah Desa dalam mewujudkan 10 program pokok PKK tersebut.
 
Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan Pembinaan Dasawisma kepada para kader, Dapat diketahui, Gerakan PKK adalah gerakan Nasional dalam pembangunan masyarakat yang tumbuh dari bawah yang pengelolaannya dari oleh dan untuk masyarakat menuju terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera, maju mandiri, kesetaraan dan keadilan gender, kesadaran dan lingkungan. Sedangkan Dasa wisma adalah kelompok ibu berasal dari 10 KK (kepala keluarga) rumah yang bertetangga untuk mempermudah jalannya suatu program. Ketua Kelompok Dasawisma membina 10 rumah dan mempunyai tugas menyuluh, menggerakan dan mencatat kondisi keluarga yang ada dalam kelompoknya. (Diskominfosanditik)

(penerbit: sumedangkab.go.id)