DPMD - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumedang merencanakan agenda pelantikan calon pilkades secara tatap muka pada Jumat 5 November 2021. Menurut Kasie Bina Perangkat Desa DPMD Sumedang Prama Prameswara pelantikan dilaksanakan 5 November ini sesuai dengan tahapan pilkades dan juga habis masa jabatan kades masa bakti sebelumnya.

"Jadi pada 5 November ini merupakan tanggal habis masa jabatan kades sebelumnya sehingga pelantikan kades terpilih digelar dihari yang sama," jelas Prama, Kamis (28/10/2021).

Untuk pelantikan sendiri lanjut Prama rencananya akan dilakukan secara tatap muka seluruh kepala desa terpilih yang berjumlah 89 orang. Namun demikian tambah dia, itu baru sebatas usulan dari DPMD Sumedang dan keputusan terakhir kembaii pada pimpinan dalam hal ini Bupati.

"Jadi Pa kadis dan kami dari DPMD memang berencana untuk pelantikan akan dilakukan secara tatap muka, tetapi itupun tergantung situasi dan kondisi apakah memungkinkan atau tidak serta bagaimana nanti arahan pimpinan yaitu bupati," tambahnya.

Lebih lanjut dikatakan Prama, pelaksanaan pilkades serentak di Kabulaten Sumedang yang melibatkan 89 desa berjalan lancar dan aman. Sejauh ini semua calon manerima hasil pilkades dan belum ada yang menyatakan keberatan terkait hasil penghitungan suara.

"Sampai detik ini tak ada yang menyatakan keberatan dan mudah mudahan lancar hingga pelantikan nanti," tambahnya. (edk).

(penerbit: sumedangkab.go.id)