Penulis : Pupuh S Wijaya | Editor : Deddi Rustandi

PPS - Untuk mendukung upaya menghapus kemiskinan ekstrem  menjadi nol persen di Kabupaten Sumedang, Pemda Kabupaten Sumedang membentuk gugus tugas dengan melibatkan dari berbagai unsur. "Dengan adanya gugus tugas penghapusan kemiskinan ektrem ini, kami ingin satu pintu untuk format laporan, LO ( liaison officer ) dan jenis intervensinya supaya teu pacorok kokod  (tidak tumpang tindih pelaksanaan tugas)," ujar Pj Sekda Tuti Ruswati saat memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) dan Evaluasi Penghapusan Kemiskinan Ekstrem, di Ruang Rapat Sekda, Pusat Pemerintahan Sumedang (PPS), Jumat (31/5/2024).

Diungkapkan Pj. Sekda, saat ini pihaknya telah sepakat bahwa setelah data lengkap maka setiap LO  harus segera melakukan rapat dengan camat dan kepala desa.  untuk menentukan dan mengidentifikasi apa saja yang menjadi potensi dan masalah serta sudah sejauh mana langkah yang telah ditempuh. "Hasil verifikasi validasi sudah dipetakan dan bisa dijadikan strategi. Jenis intervensinya ada empat, yakni pelayanan kependudukan, program perlindungan sosial, bantuan langsung tunai (BLT) dan dicarikan pekerjaan," ujarnya.

Khusus untuk pemberian BLT, lanjut Tuti, rencananya akan dilakukan pada bulan Juli 2024 sebagaimana arahan dari BPS dan akan terpusat oleh BAZNas. "Untuk BAZNas kalau bisa mulai dari sekarang sebelum  Juli  sudah menampung untuk optimalisasi zakat seperti melalui gerakan infak dari seluruh ASN," ucapnya.

Untuk pencarian pekerjaan, masing-masing LO memastikan bisa mengidentifikasi mana saja yang menjadi prioritas untuk dicarikan pekerjaan. PJ Sekda menambahkan, berkaitan dengan pelayanan kependudukan, bisa langsung melaksanakan koordinasi dengan masing masing desa dan kecamatan, selanjutnya LO melaporkan data berdasarkan nama dan alamat ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, warga mana saja yang belum mendapatkan KTP. "Membuat Adminduk harus ada target. Mulai besok (Sabtu, 1/6/2024) kita identifikasi by name by address mana saja yang belum mendapat adminduk," katanya. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)