GAJAH AGUNG - Jum'at, (05/11/2021). Dalam rangka melakukan kerjasama antara Pemda Sumedang bersama UI (Universitas Indonesia) terkait Implementasi program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka), Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang menerima kunjungan kerja dari Kampus UI, bertempat di Command Center, IPP Kabupaten Sumedang.

Kampus Merdeka merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar yang memungkinkan mahasiswa melakukan berbagai kegiatan di luar kampus. Berbagai kegiatan mahasiswa di luar kampus akan diperhitungkan sebagai satuan kredit semester (SKS).

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Bappppeda Kabupaten Sumedang, Kabid pada Diskominfosanditik Kabupaten Sumedang, Kampus UI (Universitas Indonesia) Prof. Dr. Djoko Triyono, Prof. Dr. Asep Karsidi dan jajaran di fakultas MIPA UI.

Dalam pemaparannya, Prof. Dr. Djoko Triyono menyampaikan bahwa kunjungannya dalam rangka melakukan kesepakatan bersama tentang hal-hal yang bisa diposisikan di bidang geospasial, database dan juga bidang kebencanaan.

Ia juga mengapresiasi keberadaan Command Center Sumedang yang menurutnya sangat megah dan hebat, "Pada kesempatan ini juga di berikan penjelasan mengenai fungsi Command Center itu sendiri. Kami mengapresiasi transformasi digital yang sudah berjalan di Kabupaten Sumedang dan memang perlu waktu untuk bisa mengintegrasikan data," ungkapnya.

Kepala Bappppeda Kabupaten Sumedang (Hj. Tuti Ruswati.,S.Sos., M.Si) mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada jajaran fakultas MIPA Universitas Indonesia yang akan menyumbangkan pengabdian kepada masyarakat, serta akan menjadikan Project Kabupaten Sumedang di kampus kemerdekaannya. 

"Semoga dengan hal ini dapat meningkatkan apa yang sudah kita lakukan terutama dalam transformasi digital. Penyusunan data geospasial bisa kita wujudkan dalam satu tahun nanti secara total, sehingga bisa betul-betul menjadi database bahan pengambilan kebijakan pimpinan yang lebih berkualitas dan tepat sasaran. (diskominfosanditik)

(penerbit: sumedangkab.go.id)