Penulis : Pupuh S Wijaya | Editor : Deddi Rustandi

CONGGEANG - SDN Neglasari di Desa Babakanasem, Kecamatan Conggeang yang rusak akibat abrasi Sungai Cianda mendapat perhatian Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli. Didamping Kepala Dinas PUTR Nasam beserta jajaran, Pj. Bupati Sumedang Yudia Ramli terjun secara langsung ke lokasi untuk melihat kondisi bangunan, Minggu (2/5/2024).

Hasil pantauan di lapangan, gedung sekolah tampak retak-retak serta sebagian tembok di ruang kelas dan dan gudang roboh. Tidak hanya itu, akibat luapan air yang deras, pembatas di halaman sekolah dengan aliran sungai berupa jaring ikut tergerus dan terbawa hanyut sehingga halaman sekolah menyempit.

Pj. Bupati Yudia Ramli mengatakan, pihaknya akan segera melakukan penanganan berupa normalisasi sungai dan relokasi mengingat kondisi bangunan yang dikhawatirkan roboh. "Kita sudah hubungi BBWS untuk normalisasi sungai agar tanah yang menahan bangunan tidak terjadi longsor. Kami juga mendorong untuk dilakukan relokasi bangunan SD. Kita harus punya tanah dulu, baru kemudian bangunannya," kata Yudia.

Kepala Desa Babakan Asem Emid Koswara menyampaikan, terima kasih atas perhatian yang diberikan Pemda Sumedang seraya berharap penanganan untuk SDN Neglasari bisa segera terealisasi. "SD Neglasari kondisinya mengkhawatirkan. Alhamdulillah, kami merasa bersyukur mendapat respon dari Bupati. Mudah mudahan bisa segera ditangani," katanya. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)